Telur dan Daging Ayam Tingkatkan Gizi dan Prestasi Anak Bangsa

Livestockreview.com, Referensi. Produk peternakan termasuk produk-produk perunggasan sebagai bahan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang berperan besar dalam mewujudkan manusia yang berkualitas. 

Kekurangan protein hewani dapat mengakibatkan kerusakan jaringan otak yang permanen pada anak anak yang sedang dalam pertumbuhan.

Rendahnya pola konsumsi pangan bergizi sebagai akibat kurangnya pengetahuan, kebiasaan dan rendahnya daya beli masyarakat serta kurangnya prioritas mengkonsumsi pangan bergizi bagi masyarakat tertentu dibanding untuk keperluan konsumtif lainnya. Pada saat ini konsumsi protein hewani baru mencapai 5.72 gram/kapita/tahun (Ditkesmavet, 2008) dibawah standar konsumsi gizi Nasional 6,5 gram/kapita/tahun.

Indonesia, dengan penduduk yang mencapai 237 Juta jiwa ternyata mengkonsumsi telur dan daging ayam yang relatif rendah dibanding di negara-negara tetangga.  Rata rata konsumsi telur nasional 87 butir/ kapita/tahun dan daging ayam 7 kg/kapita/tahun,bandingkan dengan konsumsi telur di Malaysia yang mencapai 311 butir/kapita/tahun (hampir 1 butir/kapita/hari) dan daging ayam mencapai 36 kg/kapita/tahun.

Telur dan daging ayam merupakan sumber gizi yang penting bagi tubuh karena mengandung zat gizi esensial yang tidak terdapat pada sumber bahan pangan lainnya.

sumber: forum masyarakat perunggasan indonesia | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview

 

 

 

Spread the love

One thought on “Telur dan Daging Ayam Tingkatkan Gizi dan Prestasi Anak Bangsa

Leave a Reply