Sehat, Cerdas dan Bugar dengan Minum Susu

Livestockreview.com, Produk Olahan. Produk hasil peternakan, yakni susu adalah bahan makanan sumber gizi dan antioksidan yang tinggi, yang sangat dibutuhkan manusia. Kandungan asam lemak terkonjugasi (CLA, conjugated linoleic acid) pada susu berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung koroner, pengendalian berat badan, mencegah kanker.

Demikian pula dengan kandungan galacto oligosakarida (GOS), laktulosa,dan laktosa pada susu berfungsi penting dalam pemeliharaan sistem pencernaan, pencegahan dari ancaman kuman paktogen, meningkatkan imunitas tubuh, serta berfungsi sebagai anti lactose intolerance.

“Adanya whey protein, kasein,IG,lactoferin,glycoprotein dan peptida spesifik pada susu memberi manfaat penting bagi pertumbuhan, imunitas, bersifat antibakteri, serta pengendalian tekanan darah,” kata Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi dan Pangan Indonesia Prof Hardinsyah di Bogor akhir pekan lalu.

Lebih jauh ia memaparkan, susu memiliki sejumlah kelebihan dibanding sumber gizi lainnya. Misalnya mineral zat besi pada susu, lebih mudah diserap oleh tubuh, mencapai 10% atau 5-10 kali dari zat besi yang ada di tumbuhan. Daya serap zat besi susu ini hanya bisa dikalahkan oleh ASI (50%) dan daging (23%).

Susu juga menjadi sumber Vitamin B12 bagi kesehatan manusia, yang tidak ditemui dari sumber protein dari tumbuhan -kecuali pada kedelai yang telah difermentasi dengan bakteri tertentu menjadi tempe. Vitamin B12 sangat penting bagi otak, terutama dalam fungsinya untuk meningkatkan daya ingat.  follow our twitter: @livestockreview

penulis : irawati | editor: ria laksmi

 

Leave a Reply