Peran Penting Fosfat pada Pengolahan Daging

Livestockreview.com, Referensi. Fosfat adalah bahan kimia yang ada di produk hasil ternak, yakni daging, telur dan susu, serta berbagai jenis bahan makanan lainnya. Bahan kimia ini memiliki peranan sangat penting untuk bahan pengembang, anticaking, emulsifier, dan sebagainya.Di produk daging, fosfat memiliki peran penting dalam sistem kontraksi dan relaksasi otot daging yaitu Adenosin Triphosphate (ATP). Yang disebut terakhir tersebut merupakan energi yang digunakan ketika otot kontraksi dan relaksasi.

Ketika semakin banyak ATP, maka proses kontraksi dan relaksasi otot daging dapat berjalan sempurna, sehingga kualitas daging pun terjaga. Kontraksi otot tersebut membutuhkan energi untuk mengubah tenaga kimia menjadi mekanik. Sumber energi tersebut adalah turunan fosfat. Di sinilah peran penting fosfat berada.

Itulah sebabnya dalam pengolahan daging, fosfat dapat mempengaruhi pH, tekstur daging, dan memperpanjang masa penyimpanan dari daging. Pemanfaatan fosfat pada proses pengolahan daging sebaiknya disesuaikan dengan fungsi jenis fosfat yang digunakan, serta tujuan penggunaan fosfat.

Oleh karenanya, para pelaku bisnis daging sebaiknya mempunyai pengetahuan yang cukup baik mengenai fosfat, serta cara menggunakan dan kegunaannya.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: mohtar b4hrun | editor: nurj4nah

Spread the love

Leave a Reply