Pakan Serasi Perkenalkan Probiotik Pengganti Antibiotik

Livestockreview.com, Bisnis. Perusahaan penyedia feed additive, yakni Pakan Serasi memperkenalkan dua produk produk probiotik andalannya dalam sebuah sesi seminar tentang upaya peningkatan efisiensi pakan dalam bisnis unggas.

Dalam acara yang digelar di Jakarta belum lama ini, Pakan Serasi memperkenalkan Sporulin dan FloraMax-B11, yang merupakan hasil penelitian dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat.

Kajian tentang manfaat probiotik untuk unggas ini dipaparkan oleh dua ahli dari negara yang berbeda, yakni Prof. B.M Hargis, DVM, PhD (AS) dan Prof. Hastari Wuryastuty (INA).Sporulin memiliki komposisi dua strain Bacillus subtilis dan satu strain Bacillus licheniformis. Keunggulan sporulian adalah dapat meningkatkan kesehatan usus, memperbaiki Feed Convertion Rate (FCR), mengurangi kejadian Necrotic enteristic, dan meningkatkan kualitas karkas.

Sporulin juga dapat mencegah coccidiosis dan diare, serta jika pernah terserang penyakit tersebut, dengan pemberian Sporulin dapat disembuhkan hanya dengan waktu 24 jam. Penggunaan Sporulin sebaiknya ditambahkan sebanyak 0,5 pound per ton pakan dan diberikan mulai saat menetas sampai panen untuk perlindungan dan perbaikan produksi yang optimal.

Adapun FloraMax-B11, merupakan kombinasi bakteri asam laktat yang spesifik dan sudah tersedia secara komersial. FloraMax-B11 dapat menurunkan mortalitas akibat infeksi Necrotic enteristic, mencegah penurunan berat badan akibat infeksi Necrotic enteristic, mencegah infeksi oleh bakteri Salmonella dan pelepasam dari saluran pencernaan, meningkatkan rata-rata pertambahan bobot badan, dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Pemberian FloraMax-B11 satu dosis per minggu. Penggunaan FloraMax-B11 diawali dengan pemberian asam organic 8-16 jam sebelum pemberian FloraMax-B11, kemudian bilas dengan air bebas klorin 3-4 jam, dicampur stabilisator vaksin untuk dikonsumsi unggas salama 6-12 jam, diberikan FloraMax-B11, dan akhirnya dibilas dengan air bebas klorin sesudah pemberian. Dua produk ini sangat efektif untuk meningkatkan produkstivitas unggas karena dapat menghemat biaya produksi.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: 121ka  | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply