MIPI Ingin Jalin Kerjasama Pengembangan Unggas Lokal


Livestockreview.com, Berita. 
Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI) ingin medorong terjalinnya kerjasama dalam pengembangan unggas lokal di Indonesia. MIPI yang merupakan organisasi yang berdiri sejak awal tahun 90-an yang berada di bawah naungan World’s Poultry Science Association (WPSA), merupakan organisasi nirlaba yang berggerak dan berkonsentrasi dalam tiga aspek, yaitu pendidikan, organisasi, dan penelitian.
Ketua MIPI Desianto B. Utomo mengatakan, organisasi yang ia pimpin memberikan sharing hasil penelitian dan pengalaman dalam bentuk seminar, training, dan workshop untuk meningkatkan kemampuan bagi mereka yang bergerak di bidang perunggasan, sehingga sektor perunggasan lokal yang saat ini perkembangannya begitu lambat, dapat mengalami peningkatan.

Pengembangan unggas lokal tidak akan berjalan dengan baik tanpa peran akttif pemerintah. Peran aktif yang harus dilakukan pemerintah itu yakni melakukan optimalisasi Balai Pengembangan perbibitan Ternak Unggas (BPPTU), pengembangan wilayah sumber bibit, pengembangan kelompok-kelompok pembudidaya melalui kemitraan, pengembangan sentra unggas di masyarakat, pengembangan penggunaan teknologi peternakan dengan pendekatan agribisnis untuk meningkatkan produktivitas, serta pengembangan dan penguatan kelembagaan. 

penulis rama | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

 

Spread the love

Leave a Reply