Koperasi Sapi Mulai Manfaatkan Biogas

Livestockreview.com, Bisnis. Kalangan koperasi peternak sapi perah di Jawa Barat terus meningkatkan pemanfaatan biogas dari kotoran sapi ternak untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi anggotanya dan bagian dari program peningkatan kesejahteraan peternak sapi.

Koperasi itu a.l Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, KSU Tandangsari Sumedang, Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS), dan untuk program perluasan kandang, peningkatan pangan sapi adalah Koperasi Peternak Bandung selatan (KPBS) Pangalengan.

Dari 4 koperasi itu, sekitar 400 peternak sapi perah digandeng menjadi mitra program foundation PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank Indonesia) yang memfasilitasi pembiayaan untuk pembuatan alat reaktor (digester) biogas serta penambahan kandang, pangan dan populasi sapi.

Sekretaris KPSBU Lembang, Ramdan Sobari mengatakan realisasi pembuatan reaktor biogas dalam proposal pengajuan sebanyak 1.000 unit dari program Rabobank foundation pada 2010 lalu, dan terealisasi setengahnya sebanyak 500 unit.

“Pemanfaatan kotoran sapi menjadi biogas sangat memberikan manfaat bagi peternak, dari kotoran sapi sebanyak 2 ember besar, menghasilkan biogas yang dapat dipakai keperluan memasak selama satu hari,” katanya, belum lama ini.

Ramdan menuturkan untuk pembuatan 1.000 unit digester biogas, pihak KPSBU mendapat pinjaman sebesar Rp4,5 miliar pada 2010.

 follow our twitter: @livestockreview

sumber: bisnis | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply