Jangan Pilih Masakan Berbahan Daging Ayam Tiren

Livestockreview.com, Produk Olahan. Kebersihan tempat memang mudah ditengarai karena kasat mata. Bagaimana dengan keamanan makanan yang dijual di kaki lima?

Waspadalah, karena makanan di kaki lima tidak semuanya aman. Salah satu yang harus diwaspadai adalah pemakaian bahan baku yang tidak segar.

Terlebih, di lapangan sering ditemukan penggunaan ayam ”tiren” (mati kemarin). Ayam tiren ini sebenarnya adalah bangkai karena ayam sudah mati sebelum dipotong. Bagi orang awam, sulit membedakan daging ayam tiren dari daging ayam segar bila sudah diolah menjadi masakan. Untuk membedakannya, konsumen bisa melihat bekas sayatan pada leher ayam yang dipotong.

Kalau sayatannya lebar, itu berarti ayamnya masih segar sebelum dipotong. Namun, bila bekas sayatannya sedikit sekali, bisa dipastikan ayam itu termasuk ”tiren”. Pada ayam yang masih hidup, kulit dan dagingnya lentur. Jadi, kalau dipotong, bekas sayatannya akan melebar.

Ada baiknya konsumen juga memilih warung kaki lima yang baru mengolah makanan setelah ada pesanan. Terutama untuk masakan yang menggunakan produk hewani seperti daging ayam atau sapi.  follow our twitter: @livestockreview

 

penulis: rahayu arumndani| editor: ria laksmi


Spread the love

Leave a Reply