Ini Pulau yang Dipenuhi Ribuan Ayam, Tak Bertuan bak Kucing Liar di Perkotaan

livestockreview.com, news. Ayam adalah ternak yang biasa dibudidayakan untuk dijadikan santapan. Namun ayam yang ini sedang menuai sorotan karena justru hidup bebas di alam liar. Ribuan ayam itu berada di Pulau Kauai di Kepulauan Hawaii.

Ayam-ayam liar tersebut hidup berdampingan dengan manusia. Tidak ada dari mereka yang diburu, dibiarkan bebas berkeliaran di jalanan dan tempat umum seperti Pantai Lumaha’i, bandara, pom bensin, hingga tempat parkir perkotaan.

Bahkan, ayam-ayam tersebut sudah seperti kucing liar di perkotaan. Biasanya, mereka mencari makan dari sampah, makanan kucing, atau diberi makan turis, serta makan serangga di lingkungan sekitar.

Adapun kehadiran ayam-ayam liar membawa keuntungan sekaligus kerugian buat warga. Para ayam berhasil menghilangkan serangga-serangga pengganggu, tapi di sisi lain berkokok 24 jam dan kadang kala merusak kebun warga.

Namun, kapan dan bagaimana pulau tersebut jadi surga buat para ayam liar masih menimbulkan perdebatan. Menurut warga lokal, badai Iwa dan badai Iniki yang menghancurkan kandang dan membuat ayam kabur jadi sebabnya.

Setelah dua peristiwa tersebut, data menyebutkan populasi ayam memang meningkat pesat. Diduga, ayam-ayam tersebut menetaskan telur-telur mereka yang akhirnya menjadi banyak di alam liar.

Disebutkan pula bahwa pulau itu sudah menjadi rumah bagi para moa, sapaan akrab ayam-ayam Hawaii, selama ribuan tahun. Mereka awalnya dibawa oleh orang Polinesia, kemudian hidup dengan fauna asli pulau tersebut.

Jadi, ketika ayam-ayam tersebut kabur saat badai terjadi, mereka tak hanya menetaskan telur-telur milik mereka, tetapi juga bersamaan dengan para ayam yang sudah sedari awal di alam liar.

Seperti unggas lain di Hawaii, moa juga termasuk hewan yang dilindungi. Pasalnya, orang-orang sudah tak bisa membedakan moa asli atau ayam campuran. Alhasil, para warga biasanya menghindari untuk menangkap ayam-ayam tersebut.

Hal tersebut membuat para ayam menjadikan pulau itu seakan rumah mereka. Sudah menjadi bagian penting di pulau tersebut hingga viral, merupakan hal biasa bila menemukan banyak kotoran ayam di jalanan. Dan, oleh-oleh dari pulau Kauai pun identik dengan ayam.

sumber: oddity central (kpr)| editor: sugiyono

follow our ig: www.instagram.com/livestockreview

Leave a Reply