Forum Peternak Rancang Konsorsium Sapi Nasional

Livestockreview.com, Berita. Para peternak sapi lokal yang tergabung dalam Forum Peternak Sapi Indonesia (FPSI) berencana membentuk konsorsium sapi nasional.

Bambang Purwohadi, Ketua Umum FPSI menuturkan, konsorsium ini akan melibatkan seluruh pihak yang terlibat dalam rantai pasokan daging sapi yaitu peternak, blantik hingga Rumah Pemotongan Hewan (RPH). “Rencananya, konsorsium ini akan dipusatkan di RPH Cakung, Bekasi,” ujar Bambang dalam rapat koordinasi ketersediaan daging sapi di kantor Kadin,Jakarta, akhir pekan ini.

Bambang mengatakan, konsorsium ini bakal menjadikan RPH Cakung sebagai tempat pengumpulan dan pelelangan sapi lokal dari peternak di beberapa daerah. Kegiatan konsorsium seperti itu bertujuan untuk menciptakan harga dasar daging sapi baik di tingkat peternak maupun pedagang pasar.

Harga dasar daging sapi di tingkat pedagang pasar diharapkan berada di level Rp 64.000 per kilogram (kg). Sedangkan harga dasar sapi hidup di tingkat peternak diharapkan berada di kisaran Rp 21.500-Rp 22.000 per kg. “Harga dasar ini akan menguntungkan semua pihak,” tandas Bambang.

sumber: kontan | editor: soegiyono

Spread the love

2 thoughts on “Forum Peternak Rancang Konsorsium Sapi Nasional

  1. Maju terus peternakan sapi Indonesia,jangan mau kalah dgn sapi impor,

    untuk turut memajukan peternakan sapi di tanah air,kami ingin memberikan kontribusi positif dgn cara menyediakan peralatan ternak yg berkualitas,lengkap dan masalah harga bisa di kompromikan,info lebih lanjut kunjungi http://www.agroprimalab.com

    salam sukses

Leave a Reply