Daging, Bahan Baku Utama Produk Pangan

Livestockreview.com, Produk Olahan. Daging sapi merupakan salah satu produk hasil peternakan yang merupakan bahan pangan utama di Indonesia. Bahan pangan ini memiliki kandungan gizi tinggi dengan lemak, sebanyak 14 gram, dan protein, sebanyak 18.8 gram, dalam 100 gram daging sapi sebagai kandungan gizi utamanya. Selain itu, daging sapi juga mengandung vitamin, seperti vitamin A, serta mineral, seperti kalsium dan besi, yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan manusia.

Manfaat daging sapi bagi tubuh manusia, yaitu protein dalam daging sapi memiliki struktur asam amino yang mirip dengan manusia. Asam amino ini tidak dapat dibuat langsung di dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan asam amino essensial dan susunannya lebih lengkap dan seimbang. Selain memiliki keunggulan pada asam aminonya, protein pada daging sapi merupakan jenis protein hewani yang memiliki daya cerna lebih baik daripada protein nabati (protein yang berasal dari tumbuhan).

Selain protein, kandungan gizi utama lainnya adalah lemak. Lemak pada daging sapi merupakan jenis lemak hewani yang bermanfaat bagi tubuh manusia salah satunya sebagai cadangan energi. Setiap satu gram lemak hewani dalam daging sapi menghasilkan energi sebanyak 9 kkal.

Di samping sebagai cadangan energi, lemak juga berfungsi untuk menghemat protein dan thiamin, serta membuat rasa kenyang lebih lama. Seseorang yang sering mengonsumsi daging sapi akan mempunyai daya tahan tubuh yang baik, proses pertumbuhan yang cepat, dan badan yang lebih segar, lebih gemuk, serta lebih tinggi.

Berdasarkan uraian pentingnya gizi daging sapi bagi tubuh manusia, diperlukan adanya pengetahuan tentang daging sapi berkondisi baik dan sehat. Daging sapi dengan kondisi baik memiliki ciri-ciri, yaitu memiliki cap Rumah Potong Hewan (RPH) yang menunjukkan daging sapi tersebut adalah daging sapi yang sehat, layak potong, dan disembelih dengan cara yang benar.

Ciri lain adalah daging berwarna alamiah, yaitu merah sedikit kekuningan, berbau khas daging sapi, dan berserat halus serta sedikit berlemak dengan lemak berwarna kuning. Pemilihan daging sapi untuk konkonsumsi sangat penting dilakukan karena daging sapi berkondisi buruk dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh manusia.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: sy1f4 | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply