Awas, Daging Kedaluwarsa!

Livestockreview.com, Berita. Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu menemukan pedagang yang menjual daging kedaluwarsa, di salah satu pusat perbelanjaan daerah itu. Atas temuan tersebut, warga Bengkulu disarankan untuk berhati-hati membeli daging ayam potong dan daging sapi mendekati Idul Fitri 1433 Hijriah, yang diduga banyak daging berkualitas rendah tersebut dijual.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan menyatakan, daging berkualitas rendah itu ditemukan di pasar tradisonal mandiri Pasar Minggu setempat. Guna mencegah konsumen yang dirugikan, masyarakat diminta untuk selalu memeriksa daging secara teliti sebelum membelinya, dan bila membeli daging di pusat perbelanjaan hendaknya meneliti tanggal kedaluwarsanya, kata dia lagi.

“Warga diimbau untuk mewaspadai penjualan daging sapi, kerbau, dan ayam yang telah kedaluwarsa selama Ramadhan serta menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah,” ujar dia, sembari menjelaskan, pada pemeriksaan di Pasar Minggu beberapa waktu lalu, ditemukan daging ayam yang berkualitas rendah dicampur oleh pedagang bersama potongan daging ayam lainnya, untuk dijual kepada konsumen.

“Ciri-ciri daging sapi, kerbau, dan ayam kedaluwarsa dan berkualitas rendah, antara lain warna daging telah berubah kehitam-hitaman, berbau busuk dan daging lembek bila ditekan,” kata dia.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: rina sunarsih | editor: ria laksmi

Spread the love

Leave a Reply