Agar Barbeque Terasa Lebih Lezat

Liveatockreview.com, Produk Olahan. BBQ adalah kependekan dari kata barbeque atau barbecue, merupakan metode mengolah produk hasil peternakan, yakni daging dengan memanaskan daging pada alat panggang dengan media bara api, arang, atau charcoal (sejenis batu yang diperuntukkan bagi kegiatan BBQ). Pengertian BBQ juga digunakan secara spesifik untuk jenis produk saus rendam (marinade) daging sebelum proses pemanggangan, dan juga suatu pesta yang mana terdapat aktivitas ber-BBQ.

Aktivitas BBQ biasanya dilakukan di luar ruangan (outdoor), misal di taman/kebun, menggunakan kayu bakar atau arang, sedangkan di restoran, BBQ biasanya dilakukan menggunakan oven metal yang didesain khusus untuk proses BBQ.
Jika anda termasuk penggemar barbeque (BBQ), jangan lupa kala meramu bumbunya sertakan selalu minyak dan bahan bumbu bercita rasa asam ke dalam campurannya. Rendam bahan BBQ tersebut ke dalam bumbu setidaknya selama 2 jam agar bumbu meresap sempurna dalam bahan makanan.

Bumbu perendam basah lazimnya memakai campuran bahan yang bersifat asam, seperti cuka apel, air jeruk lemon/nipis, cuka masak, air nanas, atau wine  (minuman anggur merah atau putih), karena rasa asam berfungsi mengempukkan bahan yang direndam (terutama bila dagingnya bagian iga).
Sementara minyak, seperti minyak salad, minyak zaitun, mentega atau margarin yang dilelehkan -digunakan untuk mengunci sari daging sekaligus mengawetkannya sehingga meskipun bahan makanan hewani segar (seperti daging, ayam, atau ikan) direndam selama beberapa jam (kadangkala semalaman), makanan tetap bagus mutunya. Cita rasanya akan lebih gurih dan lezat.


penulis: endah | editor: ria laksmi

Spread the love

Leave a Reply