Yuuk Mengenal Jenis-jenis Olahan Susu…

Livestockreview.com, Produk Olahan. Susu adalah salah satu produk hasil ternak yang berupa cairan putih yang banyak digemari oleh anak-anak pada umumnnya, dan sebagian besar orang dewasa. Susu ternyata tidak sekadar menjadi minuman, tapi juga bisa menjadi bahan campuran membuat aneka makanan.Selain itu, susu juga bisa diolah menjadi beberapa macam bahan yang biasanya juga digunakan untuk bahan membuat kue.

Apa saja jenis produk olahan dari susu itu? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Susu murni. Susu cairan berwana putih yang berasal dari hewan mamalia betina yang memiliki fungsi utama untuk memberi makan anaknya. Untuk aplikasi produk bakery, susu yang berasal dari kambing atau hewan mamalia bisa digunakan, namun susu sapi adalah jenis susu yang paling lazim digunakan.

Keju. adalah Jenis produk olahan susu yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan enzim tertentu yang disebut rennet. Nama keju berasal dari bahasa Portugis yaitu “queijo”.

Butter. Merupakan bagian dari lemak susu yang dihasilkan dengan cara pengocokan susu (lemak hewani). Di Indonesia, nama mentega sering disalahartikan dengan margarin. Padahal keduanya sangat berbeda bahan bakunya. Margarin merupakan sejenis butter yang terbuat dari lemak nabati (tumbuhan).

Butter memiliki aroma yang lebih kuat dan nikmat di banding margarin. Margarin memiliki daya emulsi yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau. Pada prakteknya, banyak baker yang mencampurkan butter dan margarin untuk menemukan keseimbangan antara aroma, daya emulsi dan harga.

Whey. Pada saat menjadi susu diolah menjadi padatan keju, cairan hasil sisa pengolahan ini dinamakan whey. Zat ini bisa digunakan untuk membuat keju ricotta dan brown cheese. Namun salah satu kegunaan whey yang populer adalah sebagai suplemen nutrisi bagi para binaragawan.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: sh3rly  | editor:suparno

Spread the love

Leave a Reply