Yuk Simak Manajemen Penyimpanan Bahan Baku Pakan (Bag I)

0
472

Livestockreview.com, Referensi. Bahan pakan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan, disenangi, dapat dicerna sebagian atau seluruhnya, diabsorbsi dan bermanfaat bagi ternak. Bahan baku pakan adalah bahan pakan yang menjadi komponen pakan yang akan diformulasikan.

Pakan sebagai poin sentral dalam usaha peternakan dalam memaksimalkan potensi genetik dari sektor ternak, menjadikan pakan sebagai faktor yang selalu dikelola secara efektif dan efisien dalam menekan biaya total produksi untuk memproleh keuntugan sebesar-besarnya.

Bahan baku pakan akan menghasilkan pakan yang berkualitas jika mutunya tetap terjaga, penjaminan mutu selama bahan baku disimpan dirasa sangat penting. Variasi kualitas bahan baku pakan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, jenis/varietas bahan baku, prosesing/penanganan pasca panen, serta penyimpanan dalam gudang.

Bahan baku hewani ataupun nabati sejak dari pengambilannya hingga akan dijadikan pakan, tentunya telah berkali-kali disimpan dalam gudang yang berbeda. Kualitas bahan baku akan menurun dengan bertambahnya waktu simpan, sehingga manajemen penyimpanan bahan baku sangat penting. Hal-hal yang perlu diketahui untuk teknik penyimpanan bahan baku adalah manajemen pengawasan FIFO, karakteristik bahan baku dan faktor yang mempengaruhi penyimpanan.

Manajemen pengawasan dan penjaminan mutu bahan baku adalah prinsip first in first out (FIFO). Yang dimaksud dengan FIFO adalah bahan baku yang masuk/datang pertama harus dikeluarkan/digunakan pertama pula. Pola FIFO akan berjalan dengan desain gudang yang mendukung terlaksananya pola tersebut, hal ini karena banyak desain gudang di beberapa usaha peternakan tidak dapat mendukung untuk pola tersebut diterapkan.

Perencanaan desain gudang yang sesuai pola FIFO akan menjadikan tidak adanya bahan baku lama yang tertinggal atau terlupa untuk digunakan. (BERSAMBUNG).

penulis: m. askari zakariah, kordinator praktikum teknologi fabrikasi pakan (asisten bagian nutrisi makanan ternak, fakultas peternakan, universitas gadjah mada, yogyakarta | editor: sitoresmi fauzi

follow our official twitter: @livestockreview  |  follow our official instagram: livestockreview