Unduh File Orasi Ilmiah Pidato Pengukuhan Prof Ali Agus: Program Kemandirian dan Keamanan Pakan Nasional

Livestockreview.com, Kampus. Dalam orasi ilmiahnya dalam rangka Pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, pada pertengahan Maret lalu, Prof Ali Agus menegaskan tentang pentingnya program pakan nasional dalam jangka panjang.Pemikiran ini perlu untuk difikirkan, diperdebatkan dan direncanakan secara baik dan bertahap dalam jangka waktu 20 – 25 tahun ke depan. Gagasan 8 Program pokok Kemandirian dan Keamanan Pakan Nasional 2030 (PKKPN-2030), patut menjadi bahan pemikiran dan perhatian kita semua. Delapan Program pokok Prof Ali Agus itu tersebut meliputi:

  1. Pengembangan kelembagaan pakan nasional beserta perangkat peraturan yang mendukung. Keberadaan Direktorat Pakan di lingkungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan perlu secara sistematis diperkuat dengan berbagai instrumen dan kelembagaan pendukung untuk membantu implementasi kebijakan dan program pakan nasional. Pembentukan Komite Pakan Nasional sebagai bentuk penguatan dari Komisi Pakan perlu difikirkan, demikian pula sinergi antar lembaga dan asosiasi terkait juga perlu dibangun.
  2. Peningkatan produksi dan mutu bahan pakan lokal berbasis ikan, kacang-kacangan, kelapa sawit, singkong, sagu, dan jagung untuk memenuhi kebutuhan sumber protein dan sumber energi pakan dalam negeri melalui berbagai kebijakan yang memihak.
  3. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususya bioteknologi pakan terkait bahan pakan, pakan dan nilai nutrisinya beserta disiminasinya kepada para pengguna.
  4. Pembiayaan dan investasi dalam rangka pengembangan usaha bahan pakan dan industri pengolahan pakan nasional.
  5. Peningkatan kualitas SDM (pengawas mutu pakan) dan penumbuhan pengusaha baru (entrepreneur) bidang bahan pakan dan pakan.
  6. Fasilitasi infrastruktur pendukung kemandirian pakan (lahan, pastura, jalan, gudang, transportasi) dan keamanan pakan (laborato­rium).
  7. Penyusunan dan penetapan Sistim Mutu Pakan (Indonesian Animal Feed Safety System) dan Sistem Pakan Nasional. Pengembangan Pusat Data dan Informasi Pakan Nasional, bermitra dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian Peternakan, serta Asosiasi terkait.

Delapan program pokok tersebut dapat dinyatakan berhasil apabila beberapa indikator berikut telah tercapai yaitu : jumlah dan mutu ketersediaan pakan lokal dapat diandalkan untuk mendukung bisnis peternakan nasional, menurunnya volume impor bahan pakan, tersedianya ilmu dan teknologi pakan yang mendukung pemanfaatan bahan baku pakan lokal, SDM pakan yang terampil dan profesional baik yang bekerja di sektor pemerintah maupun dunia usaha, dan terimplementasinya sistem keamanan pakan nasional yang didukung oleh kelembagaan yang mapan.

File lengkap pidato pengukuhan Prof Ali Agus tersebut dapat diunduh secara gratis di tautan berikut ini: Naskah Orasi Ilmiah GB Prof Ali Agus.

Sumber: Prof Ali Agus UGM | Editor: Soegiyono

Spread the love

Leave a Reply