UGM telah Gelar ‘Poultry Week 2010’

Livestockreview.com, Berita. Sungguh suatu anomali bahwa meningkatnya jumlah bisnis peternakan ayam ternyata berkorelasi negatif terhadap pemenuhan gizi protein hewani masyarakat Indonesia. Konsumsi daging ayam dan telur bisa dikatakan masih rendah atau dibawah angka kecukupan gizi (akg) yang telah ditetapkan. Pada tahun 2003, konsumsi telur baru mencapai 3,9 kg/orang/tahun jauh dibawah Thailand dan Malaysia yang telah mencapai 10 dan 10,9 kg/orang/tahun.

Pada tahun 2010 diprediksi jumlah penduduk di Indonesia mengalami peningkatan hingga 237,7 juta penduduk. Semakin meningkatnya jumlah penduduk juga semakin banyak membutuhkan protein khususnya protein hewani. Daging unggas dan telur telah mengambil proporsi 50 % dari penyediaan daging nasional. Sehingga perlu dilakukan proses peningkatan proses produksi yang baik serta edukasi konsumsi protein hewani kepada masyarakat Indonesia.

Atas dasar tersebut, Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Fapet UGM membuat suatu rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan bidang ilmu untuk menjawab permasalahan yang ada pada Mei 2010. Kegiatan tersebut diberi label ‘Poultry Week 2010’, dan bertujuan untuk meningkatkan fighting spirit mahasiswa peternakan di bidang ilmunya dan meningkatkan pemahaman mengenai kondisi perunggasan saat ini. Acara yang difokuskan pada unggas (khususnya ayam) ini akan membahas dari hulu hingga hilir proses produksi perunggasan. Acara yang diberi nama “Poultry Week 2010” ini merupakan kali pertama diadakan di Fakultas Peternakan UGM.

Poultry Week 2010 meliputi serangkaian acara:

  1. Kampanye Gizi
  2. Field Trip
  3. Kajian Seputar Kondisi Perunggasan di Yogyakarta
  4. Kajian Pakan Unggas Indonesia
  5. Dialog Bisnis
  6. Kuliah Tokoh
  7. Pameran dan Bazar
  8. Seminar Nasional

Informasi lebih detail boleh kontak ke:

Sekretariat Panitia Poultry Week 2010

BEM Fakultas Peternakan UGM Jalan Fauna No.3 Karang Malang Yogyakarta

Email : yogisidik@hotmail.com

CP. Luthfan (085224042988) / Yogi Sidik (08562865497)

Spread the love

3 thoughts on “UGM telah Gelar ‘Poultry Week 2010’

Leave a Reply