Susu untuk Segala Usia

Livestockreview.com, Referensi. Susu adalah produk olahan hasil ternak yang secara rutin diminum oleh jutaan manusia di berbagai belahan dunia. Produk pangan dari ternak perah baik sapi, kerbau maupun kambing ini merupakan  bahan pangan yang penting bagi menu sehat untuk segala usia.  Susu juga merupakan sebuah komoditas yang terus-menerus mengalami perkembangan yang konsisten di seluruh dunia, bahkan saat terjadi perlambatan ekonomi maupun saat terjadinya gejolak harga karena ketidakseimbangan pasokan dan permintaan. Seperti yang terjadi pada saat krisis global pada tahun 2009 lalu, konsumsi susu, terutama susu cair -oleh para ahli diperkirakan akan terus berkembang. Hal ini didukung oleh tumbuhnya pasar yang turut mendorong perkembangan konsumsi susu ini. Pada saat yang sama, gejolak keuangan yang terjadi pada 2009 lalu telah mendorong konsumen untuk berperilaku ekonomis  saat membeli susu, misalnya dengan membeli brand yang sesuai anggaran mereka, daripada brand premium dan susu yang berasal dari privat label.

Pada sepanjang 2005-2009, tercatat konsumsi global akan produk susu cair telah mencapai  tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2,4% – dengan tingkat konsumsi tertinggi sepanjang masa, yaitu mencapai 258 miliar liter pada tahun 2008. Adapun negara dengan tingkat konsumsi terbesar yakni negara-negara yang populasi penduduknya  padat, namun kecenderungan pasarnya terus berkembang seperti di India dan Cina. Populasi dan pendapatan masyarakat di kedua negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut  terus berkembang bersamaan dengan kemunculan-kemunculan tren menu dan preferensi yang baru, yang membangun kesadaran, permintaan dan konsumsi akan produk-produk susu beserta aneka produk variannya. ind (TPDI)

India dan China, konsumen susu terbesar di dunia
Seiring dengan meningkatnya konsumsi susu, perhatian seputar kesehatan dan keamanan serta keinginan akan kenyamanan menjadi dasar bermunculannya  susu kemasan, utamanya susu kemasan yang memiliki masa kadaluarsa yang panjang, dengan tanpa membutuhkan pendinginan maupun pengawetan.

Contohnya adalah konsumsi susu di India yang tercatat telah meningkat dengan angka pertumbuhan tahunan sebesar 2,7% di sepanjang 2005-2009, dengan tingkat pertumbuhan tahunan konsumsi susu kemasan sebesar 4,7% di periode yang sama. Adapun untuk konsumsi susu cair kemasan di tingkat internasional, pertumbuhannya lebih cepat. Untuk  seluruh katagori susu cair, pertumbuhannya diperkirakan  mencapai kurang lebih 72% dari total konsumsi global pada  2012.

India merupakan produsen sekaligus konsumen susu terbesar di dunia, disusul dengan Cina yang merupakan konsumen susu kedua terbesar di dunia, yang telah memimpin pertumbuhan  di dalam mengkonsumsi susu selama empat tahun terakhir dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 13,4%. ind (TDI)

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

One thought on “Susu untuk Segala Usia

Leave a Reply