Susu Segar Masuk Sekolah, Anak Sehat dan Pintar

Livestockreview.com, Produk Olahani. Terdapat banyak fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa kandungan gizi susu sangat prima. Tidak hanya itu, susu memiliki zat aktif hayati yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh. Kenyataan lain, susu sebagai makanan tunggal terbukti bisa menghidupi anak mamalia (termasuk manusia) yang baru lahir sampai beberapa bulan sebagai makhluk baru.

Ada jenis pangan yang seprima susu, yaitu telur, daging, dan ikan, namun daya cerna dan aspek zat aktif hayati yang terkandung di dalamnya tidak selengkap susu, di samping susu memiliki keunggulan daya cerna terbaik dibanding bahan pangan lain.

Organisasi dunia yang mengurusi bidang pertanian dan pangan, FAO, menetapkan Hari Susu Sedunia (World Milk Day) tiap tanggal 1 Juni, yang kali pertama diperingati tahun 2001. Mengingat tujuan dan sasaran yang sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kualitas bangsa, pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Susu Nusantara (HSN), dan kali pertama diperingati tahun 2009 di Pasuruan Jatim.

Sejak itu, pemerintah secara konsisten memperingati Hari Susu Nusantara. Kegiatan itu, terutama bertujuan supaya pemerintah bersama pemangku kepentingan produksi dan konsumsi susu mengevaluasi semua aspek yang berpengaruh terhadap perkembangan persusuan di Indonesia.

Salah satu program pemerintah adalah pemberdayaan perguruan tinggi yang memiliki fakultas peternakan untuk menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara. Tiap tahun minimal 9 perguruan tinggi ditetapkan sebagai penyelenggara peringatan itu secara bersama-sama di tiap kampus atau sekitar kampus mereka.

Tahun ini Undip, Unsoed, UNS, UGM, IPB, Unpad, Unand, Unhas, dan Unibraw kembali ditunjuk oleh Kementerian Pertanian menyelenggarakan peringatan Hari Susu Nusantara dengan mengusung tema ’’Susu Segar Masuk Sekolah, Anak Sehat dan Pintar’’.

Kegiatan itu diarahkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang arti penting konsumsi susu, serta menyosialisasikan dan mengampanyekan kepada masyarakat tentang budaya gerakan minum susu segar dan produk susu. Selain itu, mendiskusikan upaya memajukan persusuan di Indonesia, minimal di provinsi perguruan tinggi itu berada.

sumber: vpriyo bintoro ( suara)  | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply