Songsong Festival Ayam dan Telur, Digelar Journalist Tour

Livestockreview.com, Berita. Tidak kurang dari 30 wartawan dan wartawati baik cetak maupun elektronik mengikuti program journalist tour di Rumah Potong Ayam (RPA) dan outlet Belmart milik Sierad Produce di Bogor dan Jakarta pada 4 Oktober ini. Acara tersebut merupakan rangkaian berbagai kegiatan menyongsong Festival Ayam dan Telur yang akan digelar pada 15 Oktober di Arena Parkir Timur Senayan Jakarta.

Journalist tour dimaksudkan agar para insan pewarta mengetahui secara jelas tentang bagaiamana produk unggas baik ayam pedaging maupun petelur diproduksi sejak di pembibitan hingga sampai ke tangan konsumen.

Ketua Panitia Festival Ayam Telur Rachmat Nuriyanto menjelaskan, ayam pedaging atau yang di tengah masyarakat dikenal sebagai ayam broiler atau ayam potong dipelihara dari ayam umur sehari atau DOC dengan lama pemeliharaan berkisar 22-25 hari untuk menghasilkan berat ayam 1 kg. “Ayam broiler daoat tumbuh cepat karena merupakan hasil seleksi genetika para ahli melalui riset bertahun-tahun.

Outlet ayam segar dan beku

Dalam masa pemeliharaan tersebut, lanjut Rachmat, ayam diberi pakan lengkap yang sudah memenuhi kebutuhan ayam sesuai dengan potensi genetikanya baik dalam hal kebutuhan energi, protein, vitamin maupun mineralnya. “Jadi ayam tumbuh cepat bukan karena bantuan hormon, melainkan karena memang genetikanya yang sudah baik dan didukung pula oleh pakan yang sesuai,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, para peserta journalist tour melihat secara langsung bagaimana proses kerja rumah potong ayam modern milik Sierad Produce yang berlokasi di Parung, Bogor. RPA tersebut telah memenuhi standar internasional baik dalam hal higiene, keamanan pangan, maupun kehalalannya. Direktur Sierad Produce Sudirman menjelaskan, dari RPA, ayam disuplai ke pedagang, supermarket, hotel, restoran, serta konsumen lain dalam bentuk fresh maupun beku.

“Kami merupakan perusahaan terintegrasi yang memiliki unit usaha mulai dari pembibitan (breeding), pakan, pemotongan ayam, unit pengolahan, hingga toko yang menjual ayam segar yakni Belmart,”jelasnya. Produk olahan ayam yang dijual Belmart diberi label Belfoods, tersedia dalam berbagai produk, antara lain nugget,sosis,karage,dan spicy wing.

penulis : andang | editor: soegiyono

Spread the love

One thought on “Songsong Festival Ayam dan Telur, Digelar Journalist Tour

Leave a Reply