Seminar Purna Tugas Dosen Fapet UGM: Peran Peternakan dalam Menghasilkan Produk Pangan yang Sehat

Livestockreview.com, Kampus. Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan seminar purnatugas yang didedikasikan untuk dosen yang telah memasuki masa purnatugas, yakni Dr. Ir. Setiyono, SU dan Prof. Dr. Ir. Sri Harimurti, SU.

Setiyono merupakan dosen di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging Fapet UGM, sedangkan Sri Harimurti merupakan dosen di Laboratorium Ilmu Ternak Unggas Fapet UGM. Acara yang berlangsung pada Selasa (7/1) di Auditorium Drh. R. Soepardjo Fapet UGM, Kampus Bulaksumur, Yogyakarta tersebut mengambil tema “Peran Peternakan dalam Menghasilkan Produk Pangan yang Sehat”.

Pada kesempatan itu, Setiyono menjelaskan tentang upaya penyiapan daging yang perlu ditinjau dari berbagai aspek yaitu aspek bahan baku, proses, nilai nutrisi, pengemasan, dan higienitas. Dalam hal higienitas daging, tergantung dari kesehatan ternaknya, teknik pemotongan yang benar dan higienis serta pengolahan daging yang benar.

“Sebagai bahan pangan yang sehat, daging harus disajikan higienis dan nutrisinya terjaga sehingga dalam penyiapan dan pengolahannya harus memenuhi standar keamanan pangan sesuai yang dianjurkan oleh Badan Pengawas dan Obat dan Makanan (BPOM),” katanya sembari menambahkan, keamanan pangan bertujuan untuk melindungi konsumen agar produk daging yang dimakan aman tidak menimbulkan konsumen itu menjadi sakit atau mempunyai efek samping yang tidak dikehendaki.

follow our ig: www.instagram.com/livestockreview

penulis: fpt ugm   | editor: apriliawati




Spread the love

Leave a Reply