Segumpal Susu dalam Adonan Roti

PRODUK OLAHAN HASIL TERNAK, yakni susu sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan roti, yang digunakan untuk meningkatkan citarasa dan aroma roti.Penggunaan susu sebagai bahan baku produksi roti ini, konsultan bakery International Dairy Ingredients John Vandenbroucke mengingatkan, untuk keperluan cita rasa dan aroma ini, bagian susu yang dibutuhkan adalah laktosanya(gula susu), dan bukan protein atau lemak susunya. “Roti membutuhkan protein dari tepung terigu untuk mendapatkan glutennya yang sangat dibutuhkan untuk proses pengembangan roti.

Protein dari tepung ini tidak bisa digantikan oleh protein susu,”kata John dalam sesi pelatihan membuat raisin bread di Jakarta belum lama ini. John menambahkan, jika menggunakan susu full krim, harganya menjadi sangat mahal karena komponen susu paling mahal adalah protein susu, sedangkan komponen itu tidak terlalu dibutuhkan dalam proses produksi pembuatan roti.

Meneer dari Belanda ini menyarankan agar dalam memilih susu, lebih baik memakai susu yang telah dikurangi protein susu atau lemaknya –sehingga harga susu menjadi lebih murah, yang berarti dapat menghasilkan produk bakery yang lebih ekonomis dengan tanpa mengabaikan kualitasnya. Wah betul juga ya meneer….

Spread the love

Leave a Reply