Segelas Susu dapat Tingkatkan Performa Otak, Loh…

0
111

Livestockreview.com, Riset, Produk hasil ternak, yakni susu merupakan salah satu sumber makanan bergizi seimbang yang tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa dan orang tua. Selain memberikan asupan nutrisi penting bagi tubuh, minum susu juga punya peran besar dalam meningkatkan fungsi otak.Sebuah riset teranyar mencatat bahwa mereka yang minum segelas susu sehari, cenderung mendapatkan nilai lebih baik saat dilakukan pengujian terkait memori dan fungsi otak. Minum setidaknya satu gelas susu setiap hari tidak hanya meningkatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga memiliki dampak positif untuk otak dan kinerja mental.

Dalam risetnya, peneliti di University of Maine melibatkan lebih dari 900 pria dan wanita usia 23-98 tahun. Peserta diminta untuk melalui serangkaian tes otak – termasuk tes visual-spasial, verbal dan tes kerja memori otak, serta melacak kebiasaan konsumsi susu dari peserta. Dari delapan pengukuran yang berbeda terkait kinerja mental dan tanpa memandang usia, diketahui bahwa mereka yang minum susu – setidaknya satu gelas setiap hari – memiliki kerja mental lebih baik ketimbang mereka yang jarang minum susu. Bahkan, peminum susu juga cenderung mengadopsi pola makan sehat secara keseluruhan.

Dari temuan tersebut peneliti berkesimpulan bahwa susu tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan jantung, tetapi juga memiliki potensi untuk mencegah penurunan mental seiring penambahan usia. Para ahli mengindikasikan bahwa ada beberapa nutrisi pada susu yang memiliki efek langsung terhadap peningkatan fungsi otak – untuk memperlambat atau mencegah disfungsi neuropsikologis.

sumber: univesity of maine   | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview