Sedang Berlangsung, Program Magang Manajemen Kandang Ayam Sistem Tertutup Selama 6 Bulan

Livestockreview.com, Kampus. Sebuah program magang dengan label work based academic (WBA) bertema Manajemen Closed House Broiler di Yogyakarta sejak awal Februari 2020 hingga Agustus 2020 mendatang. Program magang hasil kerjasama Fakultas Peternakan UGM dan PT Charoen Pokphand Indonesia tersebut dimaksudkan untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang teramapil dalam mengelola manajemen kandang modern sistem tertutup atau closed house.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof, Dr. Ir. Ali Agus DAA., DEA., IPU. ASEAN. ENG. di Yogyakarta (11/2) menyampaikan bahwa program WBA merupakan program belajar bekerja selama 6 bulan untuk memberikan keterampilan lulusan baru sarjana peternakan dalam industri perunggasan, terutama pemeliharaan broiler menggunakan teknologi closed house. Negara tropis seperti Indonesia dengan kelembaban dan temperatur yang tinggi sering menyebabkan ayam stress sehingga produktivitas menjadi rendah. Adanya closed house membuat lingkungan dapat disesuaikan degnan kebutuhan ternak sehingga produktivitas ternak akan lebih baik.

‚ÄúProgram ini merupakan kolaborasi antara universitas dan industri yang apik untuk menyiapkan SDM trampil dalam industri perunggasan,” tandas Andi Magdalena Siadari, Sekjen Charoen Pokphand Foundation Indonesia. General Manager Human Capital PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.Ir. M Syafri Afriansyah, MBA, menambahkan bahwa program WBA akan memberikan pemahaman kepada para peserta terkait business process dalam suatu industri perunggasan. Peserta mendapatkan keterampilan teknis dalam pengelolaan teknologi closed house sehingga mendukung operasional pemeliharaan broiler.

Lebih dari itu, para peserta program WBA diharapkan dapat diserap secara langsung oleh industri sektor perunggasan setelah mengikuti program ini. Di sisi lain, program WBA juga membantu industri dalam menyiapkan SDM (man power) yang sesuai kebutuhan. Alif Fahmi Amrulloh, salah satu peserta menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias dan bersyukur bisa menjadi salah satu peserta program WBA, karena dapat meningkatkan jejaring dengan lulusan baru dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia

follow our ig: www.instagram.com/livestockreview

editor: sugiono | sumber: ispi



Spread the love

Leave a Reply