Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Harus Terjamin Kualitas Hasilnya

0
276

Livestockreview.com, Kampus. Telah diselenggarakan Pelatihan FLPI “Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu RPHU dan Site Visit ke RPHU” pada tanggal 18 Januari 2018 lalu di Bogor. Pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Rudi Afnan, S.Pt, M.ScAgr. Acara tersebut merupakan Sebagai Wujud Nyata Kolaborasi Stakeholder Unggas di Indonesia.

“Kegiatan pelatihan dengan peserta yang hadir merupakan wujud nyata kolaborasi FLPI yang diinisiasi pembentukannya oleh Fakultas Peternakan IPB sebagai wadah berbagi ide dan menjalin kerjasama antara pendidikan tinggi, pemerintah,bisnis dan komunitas peternakan khususnya di sektor unggas,”jelas Rudi.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan sesi pertama, yaitu “Prospek Bisnis dan Manajemen RPHU yang berdayasaing” yang dibawakan oleh Bertus Bronkhorst dan Herman Voortman, dari Aeres Training Centre, Netherland. Keduanya merupakan pakar logistik dan transportasi unggas tingkat internasional. Sesi kedua terkait “Sanitasi Higiene & Sertifikasi NKV” disampaikan oleh Agus Jaelani dari Subdit Higiene dan Sanitasi-Kesmavet, Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI. Sesi ketiga pelatihan “Teknik Pemotongan Unggas untuk Memenuhi Persyaratan Halal” disampaikan oleh drh. Supratikno, M.Si, PAVet, Halal Science Center IPB. Sesi keempat terkait materi “Sistem Rantai Dingin di RPHU” disampaikan oleh Hasanudin Yasni, Ketua Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI).

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke RPHU PT Ciomas Adisatwa di Jampang, Parung. Peserta memperoleh materi tentang “Sistem Penjaminan Mutu RPHU yang Berdaya Saing” yang disampaikan oleh Patrick Denny Krisnamurti, Manajer RPHU Unit Parung PT Ciomas Adisatwa (Japfa Grup). Kegiatan dilanjutkan dengan melihat langsung proses kegiatan pemotongan ayam secara bergantian dengan menerapkan seragam sesuai SOP yang berlaku di RPHU tersebut.

Kegiatan pelatihan FLPI ini disambut sangat positif dan antusias oleh para stakeholder sektor unggass, hal ini terbukti dari jumlah peserta yang ikut pelatihan mencapai target total 30 peserta, sesuai kuota yang ditetapkan penyelenggara. Peserta dari sektor bisnis RPHU dan peternak sebanyak 10 peserta yang berasal dari wilayah Bogor, Sukabumi, Tegal dan Purwokerto. Sektor pemerintah terdiri dari 4 peserta dari Dinas Peternakan Kabupaten Muara Enim, Kota Palembang dan Kabupaten Probolinggo. Adapun lainnya berasal dari dosen Fakultas Peternakan IPB dan mahasiswa master logistik peternakan dan doktoral teknologi pertanian.

Pelatihan FLPI tersebut terselenggara atas kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain Kesmavet-Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI, Aeres Training Centre International-Netherland, Halal Science Center IPB, PT Ciomas Adisatwa (Japfa Grup), Indosurya Simpan Pinjam dan media partner yakni Kulinologi, Poultry Indonesia, majalah Trobos dan Agropustaka.id.

follow our twitter: @livestockreview

 sumber: flpi | editor: soegiyono

SHARE
Previous articleMenyoal Supply Chain Bahan Pakan Lokal Strategis
Next articleMeriset Logistik Peternakan
Menyelesaikan kuliah di Universitas Gadjah Mada Fakultas Peternakan Yogyakarta, pada 2006 bersama beberapa para ahli teknologi pangan merintis pendirian majalah teknologi dan industri pangan. Minat yang disukai adalah dalam hal jurnalistik, pangan, peternakan, wira usaha dan teknologi.