Pemerintah Berencana Bangun Terminal Ternak Antar Pulau. Baru Rencana, Belum Eksekusi…

Livestockreview.com, News. Jabodetabek dan Bandung selama ini adalah pasar daging ternak, terutama sapi, yang paling besar di Indonesia. Selain dari Jawa, pasokan terbesar untuk ibu kota dan sekitarnya didapat dari Lampung dan NTB. Untuk distribusi dari luar Jawa, pengangkutan dengan kapal menjadi andalannya.

Pemerintah telah berencana membangun dua terminal khusus pengangkut sapi dan hewan ternak di Sumba dan Lampung. Pembangunan tersebut diharapkan mampu memperlancar arus distribusi hewan ternak yang selama ini masih bergantung penuh pada jalur darat.

Rencananya, pembangunan dua terminal dilakukan pada semester dua tahun anggaran 2013 ini. Lampung dan Sumba sengaja dipilih mengingat di dua titik inilah yang menjadi titik terpadat pengangkutan sapi.

Dalam beberapa rapat Kabinet selalu dibicarakan soal upaya membenahi pengangkutan sapi dari berbagai pulau dalam upaya peningkatan ketahanan pangan Indonesia. Pemerintah belajar dari Australia. Namun hal itu baru sebatas dari rapat ke rapat. Belum ada eksekusi di lapangan. Pemerintah kan hobinya rapat saja.

sumber: jpnn | editor: diana mandagi

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

One thought on “Pemerintah Berencana Bangun Terminal Ternak Antar Pulau. Baru Rencana, Belum Eksekusi…

Leave a Reply