Rakernas Ismapeti 2011, Langkah Awal Mewujudkan Dunia Peternakan Indonesia yang Lebih Baik

Livestockreview.com, Kampus. Rapat Kerja Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (Ismapeti) 2011 yang telah berlangsung pada akhir Maret lalu di Fakultas peternakan UGM merupakan agenda rutin 2 tahunan atau satu periode kepengurusan Pengurus Besar (PB) Ismapeti untuk menetapkan AD/ART dan progam kerja yang nantinya akan dilaksanakan dalam waktu 2 tahun kedepan.

Ketua Panitia, Ulil Amri Wijaya, menjelaskan bahwa acara ini berlangsung selama 5 hari dan di ikuti oleh perwakilan mahasiswa peternakan se Indonesia yang berasal dari 18 Universitas. “rangkaian acara berjalan lancar sesuai rencana dan tidak ada kendala yang berarti selama acara tersebut berlangsung” lanjutnya.

Rangkaian acara Rakernas di awali dengan penyambutan peserta pada Jumat malam (25/3) yang bertempat di Balai Kementrian Pertanian Propinsi DIY yang sekaligus juga digunakan sebagai tempat penginapan peserta. Barulah pada keesokan harinya di lakukan pembukaan acara tersebut di Auditorium Fapet UGM bersamaan dengan Seminar Nasional dan training Kelembagaan yang juga merupakan agenda dari acara rakernas tersebut.

Acara dibuka secara resmi oleh Edy Suryanto, M.Sc, P.hD selaku Wakil Dekan III Fakultas Peternakan UGM. Seminar nasional bertema “Peternakan Mapan Solusi Kemandirian Pangan” dengan pembicara Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Prof. Dr. Zaenal Bahruddin, ketua PB ISPI Ir. Yudi Guntara M.Sc, dan Ir. Ahmad Dawami, senior Vice President PT. Primatama. Dalam seminarnya dijelaskan bahwa situasi pangan dunia yang memburuk, harga pangan melonjak dan persediaan bahan pangan menurun. Ir. Achmad Dawami menekankan bahwa Indonesia perlu pembangunan jiwa, mental, dan pola berfikir yang didasarkan pada gizi yang cukup sehingga akan menjadikan SDM yang berkualitas. Sedangkan pada training kelembagaan dijelaskan oleh Prof. Ali Agus, dosen Fakultas Peternakan UGM, mengenai manajemen kelembagaan dengan menekankan pada soft skill dan team work.

Hari ketiga adalah pelaksanaan rapat kerja nasional Ismapeti di langsungkan selama satu hari, dan di ikuti oleh pengurus Besar (PB), Pengurus wilayah, dan anggota tetap sidang Ismapeti. Menurut Yogi Sidik Prasojo selaku Ketua Umum PB Ismapeti yang ditemui bahwa hasil Rakernas tersebut adalah agenda program kerja sebagai berikut:

  1. Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia (Bampi) pada Desember 2011 di wilayah I (Universitas Lampung).
  2. temu Ilmiah dan Dies Natalies Ismapeti di wilayah IV (Universitas Mataram).
  3. Musawarah Nasional Ismapeti di wilayah II (Universitas Padjajaran).

“Agenda ini kami akan laksanakan di masing-masing pengurus wilayah agar adanya pemerataan di masing-masing pengurus wilayah” Imbuhnya.

Perlu sinergi

Di hari ke empat dilanjutkan dengan acara Aksi gizi di SDN 2 Banteng dengan membagikan produk-produk peternakan (daging, susu, dan telur) serta pemberian penjelasan tentang pentingnya protein hewani oleh peserta kepada siswa SD tersebut. Selasa pagi (29/3) acara Rakernas Ismapeti tahun 2011 resmi ditutup dan ditandai dengan saling bertukar cinderamata antar peserta.

Diharapkan dengan adanya rakernas ini sebagai langkah awal bagi anggota Ismapeti khususnya dan bagi mahasiswa peternakan se Indonesia Pada umumnya untuk bisa berkarya dengan program-program kerja yang telah di susun dan mengaplikasikanya untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sementara untuk para aktivis, akademisi, dan pelaku di bidang peternakan makin bersinergi untuk menuju peternakan yang lebih baik.

Ketua Panitia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua panitia, peserta dan pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya acara Rakernas Ismapeti 2011 sehingga acara tersebut bisa berjalan lancar.

penulis: novi & bayuandri | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply