Peta Bisnis Berubah, Susu Segar Makin Diminati

Livestockreview.com, Berita. Peta bisnis dewasa ini telah mengalami banyak pergeseran akibat kemajuan ilmu, teknologi dan informasi. Konsumen semakin cerdas dan tidak mudah percaya pada produk yang ditawarkan perusahaan. Pasar pun makin tersegmentasi, terpecah-pecah menjadi bagian-bagian yang sangat spesifik. Dengan demikian,” Berkompetisi dengan perusahaan yang menjadi pemimpin pasar menjadi tidak relevan lagi,”Kata Direktur The Nielsen Indonesia Yongky Susilo dalam sebuah diskusi tentang masa depan bisnis di Jakarta pada 29 Oktober.

Ia mencontohkan produk susu segar yang ditawarkan dengan melalui saluran distribusi dengan menggunakan sistem rangai dingin -menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. “Produsen susu segar yang relatif baru, yakni Cimory kini menjadi market leader di segmen susu segar,” tandas Susilo.

Langkah Cimory tersebut bahkan kini diikuti oleh perusahaan susu raksasa. Dari kasus Cimory tersebut, terlihat bahwa era kompetisi telah berubah, dan setiap perusahaan bisa menjadi market leader di setiap segmen khusus yang dimasukinya.

Yongky memaparkan, produk yang berkualitas memang penting. Namun yang jauh lebih penting lagi yakni produk itu harus bisa diterima konsumen. Dan era konsumen saat ini yakni,”produk tersebut bisa menjadikan konsumen menjadi merasa ‘berbeda’ dengan yang lain, dan merasa menjadi bagian dari suatu komunitas tertentu yang bisa dibanggakan,” jelas Yongky.

Itulah sebabnya, berpromosi di media massa dan elektronik saja ternyata tidak cukup. Pekerjaan Rumah lain yang harus digarap yakni bagaimana menjadikan produk itu menjadi kebanggaan konsumen, dan konsumen tersebut merasa terlibat dalam suatu aktifitas yang dilakukan oleh merek dari suatu produk yang sedang dipasarkan tersebut. ind

Spread the love

Leave a Reply