Permintaan Pakan Ternak di Indonesia Tahun ini Meningkat 13%

0
245

Livestockreview.com, Bisnis. Kebutuhan pakan di Indonesia pada 2013 diprediksi meningkat 13% dibanding tahun sebelumnya menjadi 15,5 juta ton. Meningkatnya permintaan pakan ternak ini dipicu oleh naiknya konsumsi daging ayam yang diperkirakan bakal tumbuh sebesar 8%, yakni menjadi 8 kg/kapita/tahun.

Menurut Asosiasi Produsen Pakan Indonesia (Gpmt), konsumsi pakan unggas diprediksi meningkat menjadi 12,42 juta ton, pakan akuakultur 1,7 juta ton dan pakan ternak lainnya 1,38 juta ton, kata Sekretaris Jenderal Gpmt Desianto Budi Utomo. Kenaikan kebutuhan pakan tersebut memotivasi para produsen pakan di Indonesia untuk membangun pabrik-pabrik pakan baru di 2013 dan tahun-tahun berikutnya.

Charoen Pokphand Indonesia (CP Indonesia), anak perusahaan dari konglomerasi agribisnis Charoen Pokphand Food Plc Thailand, akan membuka pabrik pakan baru di Jawa Barat, ungkap Direktur CP Indonesia Ong Mei Sian. Dengan nilai investasi US$ 30-40 juta, pabrik tersebut akan memproduksi pakan unggas dengan kapasitas produksi sebesar 20.000 ton/bulan.
CP Indonesia juga akan membangun 2 pabrik pakan baru lainnya di Bali dan Padang pada 2014 dengan investasi sebesar US$ 20 juta untuk masing-masing pabrik.

Tidak hanya CP Indonesia, InVivo Indonesia, anak perusahaan InVivo Group dari Perancis juga mengembangkan usahanya di Indonesia, dengan membuka pabrik pakan barunya di Jawa Timur pada Juni 2013 lalu. Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur InVivo Indonesia Felix Segalen. Dengan nilai investasi US$ 15 juta, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 150.000 ton/tahun dan kapasitas produksi ini akan dilipatgandakan di masa mendatang.

Pabrik tersebut memiliki 2 lajur produksi, 1 lajur untuk pakan ternak dan 1 lajur untuk pakan ikan. Pabrik tersebut dilengkapi dengan teknologi terbaru dari Stolz, produsen peralatan pabrik pakan dari Perancis, sehingga membuat pabrik tersebut sebagai salah satu pabrik pakan tercanggih di Indonesia.

Stolz dan juga produsen peralatan pabrik pakan kelas dunia lainnya akan menampilkan teknologi-teknologi terbarunya pada Victam Asia 2014 bersama-sama dengan Fiaap Asia. Pameran ini merupakan pameran bisnis terbesar se-Asia yang didedikasikan khusus untuk industri pakan.

Pameran tersebut akan diselenggarakan pada 8-10 April 2014 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (Bitec), Bangkok – Thailand. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.victam.com atau www.fiaap.com

follow our twitter: @livestockreview

sumber: victam asia  | editor: supraba dewi