Perihal Rencana Penyelenggaraan Ildex Indonesia

Livestockreview.com, Bisnis. Sebuah gelaran pameran bertajuk International Livestock and Dairy Expo atau disingkat Ildex akan digelar di Arena Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta pada 3-5 Oktober 2013 mendatang. Pameran industri peternakan tingkat internasional tersebut menurut pihak panitia penyelenggara, yakni VNU Exhibitions dan More Exhibition dalam acara gathering pada 27 Juni lalu, merupakan upaya mendukung langkah pemangku kepentingan peternakan di Indonesia yang bertekad untuk mendongkrak konsumsi protein hewani nasional.

Konsumsi ayam dan telur ditargetkan menjadi dua kali dalam 5 tahun ke depan. Perhitungannya yakni, angka konsumsi daging ayam yang saat ini mencapai 7 kg/kapita/tahun ditargetkan menjadi 14 kg/kapita/tahun pada 2017.

Adapun konsumsi telur ayam yang saat ini baru 86 butir/kapita/tahun, ditargetkan untuk bisa meningkat menjadi 180 butir/kapita/tahun pada 2017. Diharapkan konsumsi komoditi peternakan lainnya juga tumbuh, mengingat pemenuhan kebutuhan protein hewani secara nasional saat ini baru mencapai 60%.

Untuk mencapai target tersebut, sangat dibutuhkan adanya dukungan dari seluruh pelaku peternakan dalam melaksanakan promosi, penyediaan kebutuhan bibit ternak, pakan, obat-obatan, hingga pengembangan industri hilirnya.

Oleh karenanya, upaya pembenahan di sektor hulu (on farm) harus dibarengi dengan pengembangan hilir (off farm), termasuk mata rantai pemasaran hingga industri olahannya. Sejatinya, peningkatan permintaan konsumsi produk peternakan nasional dapat dipenuhi dari industri peternakan dari negeri sendiri. Hal tersebut butuh kebulatan tekad dan langkah yang sinergis untuk mewujudkannya.

Cita- cita besar itu ingin diwujudkan oleh penyelenggara Ildex Indonesia untuk menjadikan pameran internasional tersebut sebagai panggung bersama para pemangku kepentingan peternakan Indonesia. Menurut pantia Ildex Indonesia Fitri Nursanti, pameran tersebut berbeda di banding gelaran pameran sejenis di negara lain. Faktor pembedanya yakni keterlibatan seluruh komponen stakeholder industri peternakan Indonesia, yang ingin didedikasikan untuk kemajuan industri peternakan Indonesia.

Lebih jauh Fitri menjelaskan, konsep penyelenggaraan Ildex Indonesia adalah dengan mengemas kegiatan dalam bentuk 3 in 1, yakni dalam bentuk pameran bisnis (trade expo), edukasi pentingnya konsumsi pangan hewani, dan pameran untuk umum. Perusahaan besar yang telah siap untuk mendukung acara ini yakni Japfa dan Charoen Pokphand.

penulis: and4ng | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply