Perihal Daging

Livestockreview.com, Referensi. Yang dimaksud dengan daging adalah semua jaringan hewan dan produk hasil pengolahan jaringan-jaringan tersebut yang dapat dikonsumsi sebagai makanan, tanpa menimbulkan gangguan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Organ-organ seperti hati, ginjal, jantung, paru–paru, otak, limpa, pankreas dan jaringan otot termasuk dalam definisi ini. Walaupun demikian, secara umum, jika disebutkan daging, maka konsumen biasanya menghubungkannya dengan jaringan otot hewan.

Walaupun jaringan dari hampir semua spesies hewan dapat digunakan sebagai daging, kebanyakan daging yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari hewan domestik dan akuatik. Dari fisiknya, daging bisa kita kelompokkan menjadi daging merah, contohnya yakni daging sapi, babi, kambing, domba, kuda, dan kerbau.

Jenis daging lainnya adalah unggas,seperti daging ayam, itik, bebek, angsa dan kalkun. Jenis daging berikutnya adalah seafood, yakni daging dari hewan perairan terutama ikan, juga daging kerang, udang, lobster, kepiting dan lainnya. Adapun daging dari hewan liar termasuk dalam jenis daging hewan buruan.

Jenis daging yang umum dikonsumsi adalah daging sapi, kambing atau domba, babi, ayam, bebek atau itik, dan ikan. Daging dari beberapa jenis hewan lainnya dikonsumsi oleh kalangan terbatas, misal kalangan kelas atas atau penduduk di suatu tempat tertentu.

penulis: septian w4hyu | editor: sugiyono

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply