Perbaiki Sarana Distribusi Ternak, Sekarang Juga!

0
161

LIvestockreview.com, Referensi. Sarana distribusi ternak, terutama sapi di Indonesia hingga kini masih menjadi masalah. Inilah salah satu penyebab tingginya harga sapi di tanah air. Hal tersebut masih diperparah dengan dugaan adanya permainan kuota impor sapi untuk menguntungkan para importir. Jika distribusi ternak bagus dan hemat, akan dapat menekan angka impor sekaligus menekan harga dasing sapi di pasaran.

Di Jawa, sampai saat ini pengangkutan sapi dari berbagai daerah masih mengandalkan transportasi darat dengan armada truk. Distribusi ternak dengan truk memiliki risiko yang tidak sederhana. Penyusutan bobot hingga kematian ternak di jalan menjadi hal biasa yang harus dihadapi para pebisnis ternak.

Sampai saat ini Jakarta dan sekitarnya adalah pasar sapi terbesar yang ada di Indonesia. Namun, distribusi ternak menuju ibu kota dan sekitarnya semakin hari justru semakin bermasalah. Masalah pada distribusi tersebut pada akhirnya menyebabkan harga sapi menjadi lebih mahal dari yang seharusnya.

sumber:jpnn | editor: diana mandagi

follow our twitter: @livestockreview