Pemerintah Belum Begitu Serius Mengurus Pembibitan Ternak Lokal

0
3

Livestockreview.com, Berita. Dari 10 balai pembibitan ternak yang dimiliki Indonesia tidak ada yang fokus dalam pembibitan perbaikan mutu genetik ternak lokal, khususnya sapi lokal. Hal tersebut dikemukakan Ahli  Genetika Ternak  Muladno, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Muladno mengatakan program pembibitan untuk perbaikan mutu genetik ternak lokal belum ada sampai sekarang. Pembibitan hanya dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan ternak potong semata. “Dalam konteks pembibitan Pemerintah gagal. Pertama, gagal dalam mutu genetik sapi yang dihasilkan menurun. Kedua, jumlah asli ternak sapi Indonesia sudah semakin menurun,” katanya.

Teknologi inseminasi buatan (IB), menurut Muladno, berhasil pembibitannya dalam hal budidaya saja.

“Memang sapi yang dihasilkan dengan teknologi IB gemuk-gemuk dan besar-besar. Namun, sebaiknya tetap memperhatikan pelestarian sumber daya genetik ternak lokal,” ungkapnya.

Ia memaparkan hanya tinggal jenis sapi bali yang mutu genetikanya masih asli Indonesia. Jika pembibitan perbaikan mutu genetik tidak dikembangkan ternak sapi lokal asli Indonesia akan punah.  follow our twitter: @livestockreview

sumber: antara | editor: soegiyono

SHARE
Previous articleAdakah Kartel di Industri perunggasan?
Next articleJeli Menilai Kehalalan Daging Olahan
Menyelesaikan kuliah di Universitas Gadjah Mada Fakultas Peternakan Yogyakarta, pada 2006 bersama beberapa para ahli teknologi pangan merintis pendirian majalah teknologi dan industri pangan. Minat yang disukai adalah dalam hal jurnalistik, pangan, peternakan, wira usaha dan teknologi.