Unduh Materi Seminar ISPI Outlook Industri Peternakan 21 Feb 2013

3
78

Livestockreview.com, Bisnis. Industri peternakan merupakan salah satu pilar penting dalam sistem perekonomian Indonesia. Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang menjadi incaran produsen dari berbagai negara, karena potensi besarnya dalam bidang peternakan, sebagai penyuplai sumber protein hewani sumber pencerdas bangsa.

Industri peternakan yang menjadi salah satu penopang penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia juga tetap tumbuh dengan baik. Hal ini dipicu oleh antara lain laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan pendapatan penduduk, yang berarti perlu suplai sumber protein hewani baik dari daging sapi, kerbau, kambing, domba, maupun unggas.

Indonesia dan penduduk Asia pada umumnya memiliki indeks harapan hidup yang makin baik. Hal ini merupakan pangsa pasar tersendiri bagi produk peternakan, karena penduduk seperti itu mempunyai daya beli kuat terhadap sumber-sumber protein hewani, tidak sekadar asal kenyang.

Perubahan demografi juga terlihat dari makin banyaknya penduduk berusia muda yang lebih maju, profesional, dan berpendapatan lebih baik, yang tentu lebih menyukai produk sumber protein hewani, daripada produk makanan sumber karbohidrat. Hal ini menjadi tantangan khusus bagi para pelaku industri peternakan baik di sektor ruminansia maupun non ruminansia dalam menyediakan produk pangan sesuai dengan permintaan pasar tersebut.

Atas dasar itulah Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI) pada 21 Feb 2013 menggelar seminar tentang Outlook Industri Peternakan 2013.

Pokok-pokok bahasan seminar

Seminar yang rutin digelar PB ISPI adalah untuk menganalisis berbagai faktor yang berkontribusi dalam perkembangan industri peternakan di Indonesia. Hal-hal yang ingin dicapai yakni:
– Analisis tentang tren dan perkembangan terbaru industri peternakan global dan pengaruhnya bagi Indonesia
– Kesiapan industri peternakan dalam negeri baik sapi potong, sapi perah, kambing/domba maupun unggas dalam mendukung pertumbuhan penduduk Indonesia
– Mengetahui kelebihan dan kelemahan sektor-sektor pendukung perkembangan industri peternakan Indonesia.
– Pembahasan tentang strategi terbaik dalam menyongsong industri peternakan di 2013 agar dapat selalu berkompetisi dalam percaturan bisnis peternakan global.

Unduh materi narasumber

Seminar yang rutin digelar tiap tahun ini, membahas topik-topik (dan para narasumber), yang materinya bisa diunduh di sini:

Registrasi dan pendaftaran peserta

Peserta kegiatan berasal dari:
– Umum : Rp 500.000/peserta
– Anggota ISPI : Gratis (maksimal 2 orang dari tiap cabang ISPI daerah)

Waktu, tempat

Seminar diselenggarakan pada Kamis, 21 Februari 2013
IICC Botani Square, Baranangsiang,
Jalan Padjadjaran, BOGOR

Info lebih lanjut

Jika ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut tentang seminar ini, silakan menghubungi ke:
Sekretariat Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI)
Jalan Dipati Ukur No 71 BANDUNG
Telp. 022-2531990 (hunting), Faks. 022-2503153, Email. robiagustiar|at|yahoo.com
twitter: @livestockreview

follow our twitter: @livestockreview

 

3 COMMENTS

  1. Selamat buat PB ISPI …dan Semoga sukses dan berhasil … sudah lama menunggu kegiatan ….

  2. Bravo PB ISPI …..Semoga Outlook Industri Peternakan 2013 ini ..merekomendasikan beberapa pemikiran dan solusi untuk kemajuan industri peternakan di Indonesia…yang berpihak pada semua komponen peternakan…

  3. Seminar Outlook Industry Peternakan 2013, cukup bagus dan pembicara yang hadir merupakan perwakilan dari seluruh stake holder industry ini. Hanya sangat disayangkan justru kunci salah satu solusi dari permasalahan yang ada di industry sapi potong dan sapi perah adalah tidak hadirnya dirjen peternakan sebagai pemegang otoritas regulasi.