Minum Susu Tunjang Kebugaran Tubuh

0
116

Livestockreview.com, Tokoh. Untuk menjaga kebugaran tubuh, tiga kunci utama yang harus dipegang yakni istirahat cukup, olah raga secara rutin, dan menjaga pola makan yang sehat, yang salah satunya dengan minum susu. Rahasia tubuh yang bugar tersebut diungkap oleh atlet basket nasional Denny Sumargo di Jakarta pada akhir pekan ini.

Bagaimana pola minum susunya? “Saya minum susu secara rutin sejak kecil, sejak umur 5 tahun. Kini saya tiap hari minum susu dua kali yakni pada pagi dan sore,”jelas atlet bertinggi 1,83 meter ini. Tubuh kita, tandasnya, perlu kalsium untuk tulang yang kuat, dan salah satunya bisa dipenuhi dari susu yang mesti diminum secara rutin.

Di usia yang sudah beranjak dewasa, banyak nutrisi penting untuk tubuh yang tidak bisa dipenuhi dari kebanyakan makanan. Kalsium dan protein misalnya, mayoritas bisa dipenuhi dari susu.

Namun masalahnya, Denny menengarai banyak masyarakat Indonesia yang sudah sadar akan pentingnya makanan bergizi, tentang pola hidup sehat, atau tentang olah raga. Namun sangat sedikit yang mau melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah sebabnya ia mengajak masyarakat luas untuk mengajarkan kepada anak-anaknya untuk minum susu sejak dini, sehingga tercipta kebiasan minum susu yang manfaatnya dirasakan sepanjang waktu. “Asupan susu berkalsium tinggi yang memadai bermanfaat untuk menunjang berbagai aktifitas anak yang padat. Terlebih pada usia pertumbuhan, susu dapat menunjang pertumbuhan tinggi badan secara optimal,”ungkapnya.

Untuk mempercepat pertumbuhan dan mengoptimalkan pertumbuhan tinggi anak, tentu saja minum susu semata tidaklah cukup. Harus diikuti dengan olahraga yang rutin, pola makan yang baik, dan istirahat yang cukup. “Waktu terbaik minum susu di masa pertumbuhan, yakni pada umur 5-12 tahun, adalah pada pagi hari sebelum beraktifitas, dan sebelum istirahat di malam hari,” saran Denny Sumargo.

penulis: fatimah | editor: ria laksmi