Merunut Asal-Usul Ayam Asli Indonesia

Livestockreview.com, Referensi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memliki kekayaan dalam genetik sumberdaya lokal. Terbukti dari ayam lokal yang tersebar di seluruh Indonesia dan ayam yang paling memiliki ciri khusus adalah ayam dari Pulau Jawa.Asal usul ayam lokal adalah dari ayam hutan, ayam hutan sendiri terbagi menjadi 4 spesies yaitu gallus gallus gallus, gallus lafayetti, gallus sonnareti, dan gallus varius. Ayam spesies gallus gallus atau ayam hutan merah merupakan induk yang memproduksi ayam kampung di Indonesia sedangkan gallus varius atau yang lebih akrab dengan sebutan ayam bekisar relatif lebih jarang.

Ayam arab merupakan ayam pencilan sebab merupakan kelompok pendatang akan tetapi telah hadir sekitar 20 tahun. Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Badan Litbang Peternakan, Kementerian Pertanian Dr Tike Sartika mengatakan, ayam lokal yang berada di seluruh dunia pada awalnya berasal dari kawasan Asia khususnya pada negara China dan India. Kini penyebaran ayam lokal sudah memasuki kawasan Eropa dan Afrika dan pusat domestikan ayam di dunia adalah Indonesia.

“Hingga saat ini jumlah ayam lokal di Indonesia masih berada pada posisi teratas di sela-sela sekian banyaknya permasalahan di dunia ternak unggas,” jelas Dr. Tike Sartika dalam rangkaian kegiatan Indolivestock 2012 beberapa waktu lalu. Ia menambahkan, penyakit flu burung yang begitu gempar melanda Indonesia, ternyata tidak menghabiskan persediaan ayam dalam negeri. Paling tidak masih tersisa 67% ayam di tengah endemik flu burung yang melanda.

Untuk meningktakan kualitas dari hasil yang diberikan ayam lokal diperlukan bibit yang berkualitas. Akan tetapi biaya pembibitan sangatlah mahal sehingga relatif sedikit pihak yang bersedia untuk melakukan pembibitan. Sejauh ini Indonesia belum memiliki bibit dari pure line sehingga mengandalkan bibit hybrid untuk mengembangbiakan ayam lokal. Meskipun pada awalnya persebaran ayam lokal bukan terjadi di Indonesia, ternyata sekian banyak ayam lokal yang berada di Indonesia merupakan murni dari Indonesia dengan kode Haplotipe AB009436 dan nama Haplotipe Clade II. Clade adalah pembagian kelompok ayam berdasarkan marker mitokondria.

Pengembangan unggas lokal, baik beragam ayam buras ataupun itik, sampai saat ini masih terdapat banyak hambatan. Ketersediaan bibit yang belum mencukupi dari aspek kualitas dan kuantitas, belum optimalnya pemanfaatan sumber daya pakan lokal, kurangnya modal usaha dan terbatasnya akses kepada kelembagaan keuangan menjadikan usaha beternak unggas lokal ini menjadi naik turun tidak stabil. Tak hanya itu, tingkat kepemilikan yang masih di bawah skala ekonomis, masih di bawah 300 ekor induk/peternak juga menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam percaturan perdagangan Internasional, kontribusi unggas lokal ini kurang mendapat perhatian sehingga sehingga tidak termasuk komoditas yang diperdagangkan, namun demikian komoditas unggas lokal mempunyai karakteristik dan khas menjadi komoditas substitusi

 

penulis rama | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

 

 

Spread the love

One thought on “Merunut Asal-Usul Ayam Asli Indonesia

  1. fontnya terlalu kecil, warnanya juga bikin susah dibaca. padahal artikel nie menarik.. mohon diperbaiki tampilan blognya..

Leave a Reply