Menelisik Dari Mana Datangnya Flu Burung

Livestockreview.com, Referensi. Satu kesimpulan umum saat kita baru sembuh dari flu setelah beberapa hari merasa tak nyaman adalah sistem kekebalan tubuh kita telah menemukan virus flu tersebut dan tahu bagaimana meresponnya.

Tetapi, tahukah bahwa kuman penjangkit penyakit tahun ini takkan sama dengan kuman tahun lalu, karena virus terus-menerus bermutasi? Meski begitu, virus akan tetap mirip, sehingga tubuh Anda hampir selalu dapat mengendalikannya.

Namun, kadang-kadang virus flu jenis baru berpindah ke manusia dari hewan, sebagai contoh, virus flu tipe A yang sangat banyak terdapat dalam hewan bisa menjadi penyebab penyakit paling serius pada manusia.

Dari mana datangnya virus-virus flu? Ternyata datangnya dari burung-burung liar di daratan, burung-burung liar di perairan – burung air, itik, atau burung pantai. Lusinan sub-tipe flu bermukim dalam isi perut burung-burung, kebanyakan tidak membahayakan “tuan rumah” mereka atau makhluk lainnya. Tetapi terkadang salah satu virus menginfeksi unggas peliharaan.

Bahkan dalam kasus tertentu, virus dari burung atau beberapa gen-nya menyelinap ke dalam kumpulan yang jauh lebih kecil dari virus tipe A yang menginfeksi manusia. (BERSAMBUNG)

sumber: natgeo | editor: diana mandagi

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply