Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB telah Gelar Feed Formulation Training

6
312

Livestockreview.com, Kampus. Meningkatnya permintaan konsumen terhadap komoditas peternakan menuntut adanya peningkatan produksi dan kualitas peternakan Indonesia. Peningkatan produksi dan kualitas peternakan dapat dilakukan dengan memperbaiki manajemen produksi ternak, manajemen pakan, penanganan kesehatan ternak bahkan sampai industri hilir dituntut untuk berubah menjadi lebih profesional sehingga tercapai produksi yang mencukupi.

Permasalahan di dunia peternakan Indonesia sangat erat kaitannya dengan ketersediaan pakan dan kualitas pakan yang diberikan. Dalam pembuatan pakan ternak, formula ransum yang baik dan seimbang memiliki peranan penting. Sebelum berkembangnya teknologi, formula ransum dibuat secara perhitungan manual dengan metode square method. Metode ini masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya, perhitungan yang rumit dan lamanya waktu yang dibutuhkan jika bahan pakan yang digunakan dalam jumlah yang banyak.

Dengan berkembangnya teknologi, muncul berbagai software yang dapat digunakan untuk memformulasikan ransum, seperti MS Excel, Winfeed, Linear Programing, dan Brill Management Systems. Dalam formulasi ransum, dibutuhkan kebutuhan nutrisi ternak, ketersediaan bahan pakan, serta kandungan nutrisi dari bahan pakan yang diberikan.

Software ini akan membantu dalam menghitung dengan cepat penggunaan bahan pakan pada formula ransum yang dibuat. Akan tetapi, software ini jarang digunakan oleh para peternak karena kurangnya pengetahuan dalam menggunakan software-software ini, terutama Brill Management Systems. Dalam dunia pendidikan pun, Brill ini hanya diajarkan di Fakultas Peternakan IPB. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan IPB akan mengadakan suatu pelatihan formulasi ransum untuk peternak, pengusaha, akademisi dan instansi di bidang peternakan dengan menggunakan Program Brill Management Systems.

Tujuan kegiatan

Tujuan kegiatan ini, antara lain:

  1. Memperkenalkan program Brill Management Systems pada peternak dan pengusaha yang bergerak dalam bidang peternakan.
  2. Meningkatkan kemampuan peternak, maupun pengusaha di bidang peternakan dalam memformulasikan ransum dengan menggunakan software Brill Management Systems.
  3. Mengetahui cara pembuatan pakan langsung di pabrik pakan.
  4. Peserta mampu mengaplikasikan program dengan tepat dan baik sehingga dapat diaplikasikan sendiri baik pribadi ataupun industri.

Nama kegiatan

Kegiatan ini diberi nama Feed Formulation Training 2011

Tema kegiatan

Tema kegiatan ini adalah “Berikan Pakan Terbaik Untuk Ternak Indonesia”

Tentang pelatihan

Kegiatan ini berupa pelatihan formulasi ransum dengan menggunakan software Brill Management Systems yang dibekali dengan pengenalan bahan pakan dan teknik formulasi ransum, serta kunjungan ke pabrik pakan mini Fakultas Peternakan IPB untuk melihat demo pembuatan pakan berupa pellet, biskuit, dan wafer ternak.

Pelatihan  dirancang dalam 2 macam pelatihan yang akan dilaksanakan di LCC LSI IPB pada tanggal 4 Juni 2011 untuk pelatihan formulasi pakan Unggas dan 5 Juni 2011 untuk pelatihan formulasi pakan Ruminansia. Trainer yang akan mengisi acara ini berasal dari dosen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan dan pihak pemegang lisensi Brill Management Systems.

Target kegiatan

Sasaran kegiatan “Feed Formulation Training” adalah industri, peternak dan akademisi yang bergerak dalam bidang peternakan. Jumlah SDM yang terlibat dalam acara ini adalah 57 orang dengan peserta maksimum 30 orang untuk masing-masing pelatihan, panitia yang terlibat 17 orang, dan 10 orang Trainer.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam memformulasikan ransum dengan menggunakan software Brill Management Systems. Selain itu, dengan diadakan demo, diharapkan peserta dapat meningkatkan pemahaman dalam teknik formulasi ransum dan pengolahannya menjadi bentuk pellet, biskuit, dan wafer ternak.

Waktu dan tempat

Kegiatan Feed Formulation Training ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Juni 2011 yang akan dilaksanakan di Gedung LCC LSI Institut Pertanian Bogor dan Pabrik Pakan Mini Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Kontak panitia

Feed Formulation Training 2011
Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan IPB
C.P. Frediansyah Firdaus (HP 085269797575)


6 COMMENTS

  1. wah, perlu itu formulasi pakan. Apa lagi saya yang sedang akan terjun kedunia pakan pasti harus membutuhkan waktu cepat dan formula tepat. trima kasih informasinya

  2. Saya mencari forum ini indah , dan menemukannya. Sekarang aku pemakai reguler anda.rnTerima kasih atas administrasi forum ini .

  3. terima kasih Sdr Heru, Sdr LasloDemsi, Sdr Jancooperst telah mengunjungi website ini. semoga bermanfaat.kalau berminat, silakan ikuti FFT edisi September 2012.VivaPeternakan

  4. Mantap IPB. selama ini saya cuma pake Excel yang membantu saya menghitung pakan ternak saya.
    sekarang IPB ada latihan yang lainnya. kapan tahun ini 2013 ada pelatihan lagi, dan berapa biayanya?