Kualitas Daging yang Didinginkan Lebih Baik daripada yang Dibekukan

0
123

Livestockreview.com, Tokoh. Daging yang didinginkan (chilled) ternyata kualitasnya lebih baik dibanding yang dibekukan (frozen). Daging yang didinginkan memiliki sejumlah keunggulan : terasa lebih empuk, juicy, lebih enak, mudah ditangani, lebih segar (fresh), dan lebih mudah dilayukan (aged).
Hal sebaliknya terjadi pada daging beku yang relatif lebih kering, citarasanya mnurun, serta sulit. “Daging beku tidak bisa langsung diolah karena harus disegarkan terlebih dahulu (thawing) sebelum diolah lebih lanjut,” kata Chef Detlef Haupt dalam sebuah pelatihan tentang penanganan daging di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pelatihan yang digelar oleh Meat and Livestock Australia ini diikuti oleh mahasiswa dan para chef muda yang tergabung dalam Young Chef Cullinary Indonesia (YCCI).

Daging yang didinginkan memiliki umur simpan yang bervariasi antara 6-12 minggu, sedangkan untuk yang dibekukan memiliki umur simpan hingga 1 tahun.  Untuk menangani daging yang didinginkan, Haupt menekankan beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yakni selalu memastikan adanya label yang jelas pada karton pembungkus, tanggal produksi, memastikan semua kantong divakum dengan baik dan tidak ada kerusakan, memeriksa bone-in dengan cermat, kategori produk, dan karton pembungkus dalam kondisi tidak rusak. 

follow our twitter: @livestockreview

penulis: rapolo  | editor: soegiyono