Konsumsi Produk Hasil Ternak untuk Cegah Osteoporosis

0
150

Livestockreview.com, Referensi. Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia di usia lanjut. Hasil consumer pooling yang dilakukan sebuah lembaga menunjukkan bahwa 85 persen masyarakat Indonesia mengaku bahwa jatuh dan patah tulang di usia lanjut merupakan masalah kesehatan yang menjadi perhatian responden dan paling ditakutkan terjadi. Masalah kesehatan yang menjadi perhatian kedua tertinggi saat usia lanjut adalah pegal atau sakit di persendian dan tulang.

Pada prinsipnya tulang merupakan jaringan yang aktif karena terus mengalami proses penyerapan dan pembentukan secara terus-menerus. Masalahnya adalahm proses penyerapan kalsium pada tulang lebih banyak terjadi dibandingkan pembentukan tulang. Hal inilah yang memicu terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Sebanyak 50 persen kalsium yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap sehingga asupan kalsium harus benar-benar diperhatikan. Osteoporosis merupakan penyakit pada tulang yang ditandai dengan penurunan masa tulang, tulang menjadi tipis, rapuh, dan mudah patah. Osteoporosis merupakan silent disease, tiba-tiba saja sudah terkena osteoporosis.

Kebutuhan kalsium dapat dipenuhi dari berbagai produk hasil ternak seperti susu dan produk olahannya, yogurt, keju, jeruk, serta daging dan telur.

Satu gelas susu yang terdiri dari 2 persen susu ,mengandung 295 mg kalsium, sedangkan susu yang diperkaya dengan kalsium mengandung 500-600 mg kalsium/gelas. Sedangkan satu cup yogurt non-fat mengandung 450 mg kalsium, 1 ons keju mengandung 205 mg kalsium, dan satu buah jeruk mengandung 50 mg kalsium.

penulis: purw4t1  | editor: sitoresmi fauzi

follow our twitter: @livestockreview