Kiat Menyimpan Daging Segar dari Hewan Kurban

0
91

Livestockreview.com, Produk Olahan. Pada Hari Raya Kurban, ternak sapi, kerbau, kambing dan domba banyak yang disembelih. Masyarakat pun dimanjakan dengan banyaknya daging kurban yang bisa dimasak aneka rupa. Namun bagaimana jika daging tersebut berlebih, padahal di dapur sudah penuh dengan beraneka hidangan dari daging?
Jika itu yang terjadi, sebaiknya daging segar dari penyembelihan hewan kurban disimpan dengan baik, sehingga dapat bertahan hingga 3 hari ke depan (jika disimpan dalam chiller), atau bertahan 6 bulan (jika disimpan dalam freezer).

Bagaiman cara penyimpanan yang benar? Berikut adalah beberapa saran penting dalam penyimpanan daging segar, hingga bisa bertahan 3 hari -tanpa perlu kehilangan cita rasa dan tekstur dagingnya:
1. Setelah mendapatkan daging kurban, jikalau tidak langsung dimasak, simpanlah di dalam lemari es -diletakkan pada bagian yang paling dingin.
2. Simpan pada lemari es dengan kisaran suhu 1-5 derajad celcius
3. Bila daging kotor, jangan dicuci seluruh daging dengan air, cukup dicuci pada bagian yang kotor saja.
3. letakkan daging pada wadah khusus, dan tutup rapat wadah tersebut dengan plastik yang kedap udara.
4. Daging segar disimpan pada tempat terpisah, jangan dicampur dengan daging yang sudah diolah atau yang sudah masak. Hal ini untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang.
5. Daging segar tersebut sebaiknya disimpan dalam satu lapisan saja, tidak ditumpuk.
6. Pendinginan daging sebaiknya dilakukan dalam bentuk potongan daging yang kecil-kecil, bukan daging yang masih dalam kondisi potongan daging utuh (berukuran besar).
7. Jika semua hal di atas dapat dilakukan dengan benar, maka daging segar dari hewan kurban tersebut dapat disimpan hingga 3 hari ke depan.

Selamat menyimpan daging segar! ind

follow our twitter: @livestockreview