ISMAPETI telah Gelar Musyawarah Nasional XI di Unsoed Purwokerto pada 10-14 Desember 2010 Lalu

Livestockreview.com, Kampus. Bagi negara agraris seperti Indonesia, peran sektor pertanian dan peternakan sangat penting dalam mendukung perekonomian nasional, terutama sebagai penyedia bahan pangan, sandang dan papan bagi segenap penduduk, serta penghasil komoditas ekspor non migas untuk menarik devisa. Lebih dari itu, mata pencaharian sebagian besar rakyat Indonesia bergantung pada sektor perternakan dan pertanian. Namun ironis sekali, penghargaan masyarakat umum terhadap peternakan relatif rendah dibandingkan sektor lain, seperti industri, pertambangan, dan perdagangan.

Hal ini menyebabkan penghargaan terhadap lahan perternakan pun terlalu rendah, tidak proporsional dengan tingkat manfaatnya.Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda yang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap maju mundurnya suatu bangsa, hal ini akan tercipta manakala keberadaan mahasiswa mampu memposisikan dirinya sebagai agent of change, kontrol sosial, dan pengembangan masyarakat yang nantinya diharapkan menjadi kaum cendikiawan penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia yang diharapkan memiliki kepedulian dan kepemilikan terhadap lingkungan dan kondisi sekitarnya dan memiliki pengetahuan mengenai dunia peternakan serta memiliki motivasi dan sangat dalam berorganisasi dan pengembangan diri dan pola pikir mahasiswa pada umumnya.

Salah satu niat baik kami dari mahasiswa peternakan, dan ISMAPETI sebagai wadah organisasi mahasiswa peternakan nasional yang berjiwa kerakyatan dan kebangsaan dengan semangat persatuan dan kebersamaan berkomitmen terhadap pemberdayaan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa agar dapat menjadi kaum intelektual yang handal dan siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Keberadaan mahasiswa dalam memposisikan tanggung jawab di atas memang tidak mudah, semua itu harus dengan proses dan pembelajaran yang bukan main beratnya, tetapi harus tetap dilakukan demi terciptanya generasi penerus yang berkepribadian kritis, analisa berdasarkan kebebasan yang bertanggung jawab menuju dunia mahasiswa yang dinamis dan demokratis. Demi bangkitnya bangsa yang kita cintai dari permasalahan dan tantangan yang kompleks ini.

Menyadari akan kebutuhan tersebut maka diperlukan kegiatan yang berusaha mengkondisikan dan memperkenalkan mahasiswa akan hakekatnya sebagai mahasiswa agar sadar akan jati dirinya serta peran dan fungsinya sebagai mahasiswa di dalam maupun di luar kampus sehingga potensi dan kesadaran mahasiswa diharapkan dapat berkualitas , berdinamisasi, dan berdemokratisasi.

Mahasiswa yang berkualitas, diharapkan akan menjadi penerus yang beraktualisasi, berinteraksi, dan berdemokratisasi, yang dapat menghadapi segala tantangan untuk terwujudnya semangat reformasi yang tentunya dalam rangka perbaikan di masa yang akan datang. Dari gambaran kondisi keadan tersebut, kami dari Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) merasa bertanggung jawab akan nasib pembangunan peternakan nasional dan peningkatan mahasiswa khususnya mahasiswa peternakan. Untuk menunjang kesinambungan dan peran organisasi, maka kami bermaksud akan mengadakan serangkaian acara dalam “Musyawarah Nasional.”

Tema dan tujuan
Kegiatan yang mengangkat tema ‘Peran Serta Kelembagaan mahasiswa dalam Meningkatkan Sektor Peternakan Indonesia’ ini bertujuan  melakukan pergantian kepengurusan organisasi ISMAPETI, menjalin silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan serta rasa kekeluargaan antara anggota ISMAPETI, menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap berbagai masalah peternakan dan memberikan solusi terhadap berbagai masalah tersebut, serta menyosialisasikan akan pentingnya menkonsumsi protein hewani dalam mencerdaskan anak bangsa.

Munas ISMAPETI yang akan digelar pada 10 – 14 Desember 2010 di Kampus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto tersebut berisi berbagai rangkaian kegiatan, yakni:
Ramah tamah.Adalah kegiatan awal perkenalan antara para peserta, panitia beserta alumni ISMAPETI. Para peserta dari berbagai institusi yang sudah hadir diminta untuk memperkenalkan diri. Melalui ramah tamah ini diharapkan terjalin silaturahmi antar peserta, panitia dan alumni ISMAPETI.

Seminar Nasional. Tema yang diangkat pada seminar nasional tersebut yakni ”Prospek Sektor Peternakan 2010 Menuju Swasembada 2014”. Pembicara dalam seminar ialah para stakeholder di bidang peternakan meliputi beberapa elemen yaitu pemerintah, akademisi, praktisi dan bidang profesi. Melalui seminar ini diharapkan peserta dapatmemahami lebih dalam mengenai peran mahasiswa, pengusaha dan peternak dalam memajukan dunia peternakan di Indonesia khususnya tercapainya swasembada daging tahun 2014.

Training Motivasi dan Kewirausahaan.
Dengan mengangkat tema “Be Succes, Be Enterpreuner”, acara ini merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan semangat dan gambaran luas kepada peserta bahwa peluang menjadi manusia berhasil itu sangat besar, salah satunya dengan berwirausaha yang bisa di katakan di Indonesia masih rendah antara pengusaha dengan perbandingan jumlah total penduduk Indonesia yang idealnya negara maju adalah 2% dari total penduduk di dalam negerinya.

Rapat Pleno Musyawarah Nasional
.Merupakan adalah agenda puncak Munas ISMAPETI XI yang akan membahas dan mengkaji Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga serta Garis Besar Haluan Organisasi ISMAPETI dan mempertanggungjawabkan kinerja struktur pengurus ISMAPETI selama periode 2008-2010, serta memilih struktur pengurus baru bagi organisasi ISMAPETI.

Kampanye Gizi (Lomba Bidang Peternakan untuk SMA / Sederajat)
. Kegiatan ini merupakan acara Sosialisasi Produk Hewani yaitu dengan  membagikan Produk Peternakan (Telur, dan Susu) kepada para peserta dan orang – orang yang terlibat dalam kegiatan MUNAS ISMAPETI  yang ke  XI, dan diadakan lomba mading antara SMA se-Banyumas mengenai pentingnya pemenuhan protein hewani untuk kecerdasan anak bangsa.

Field Trip. Kegiatan ini merupakan kunjungan ke lokasi peternakan serta tempat wisata yang terdapat di kabupaten Banyumas sebagai rangkaian acara penutup MUNAS ISMAPETI ke XI.

Berbagai kegiatan yang digelar tersebut merupakan sebuah upaya para mahasiswa peternakan yang tergabung dalam ISMAPETI untuk terlibat secara aktif dalam setiap tahapan pembangunan, khususnya dalam pengembangan dan peningkatan sektor peternakan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan yang digelar ISMAPETI di UNSOED Purwokerto ini, silakan menghubungi:

Panitia Munas ISMAPETI XI
Kampus Fakultas Peternakan UNSOED
Jl Dr Soeparno Kotak POS 110, Karangwangkal, Purwokerto, JAWA TENGAH
Telp. (0281) 6245041 Fax (0281) 638792
Email : agueng.puji@gmail.com
Contact Person : Alip (085281668189),Puji (08567135200),Salim (081310723389)

Spread the love

Leave a Reply