Cara Mudah Membuat Abon Sendiri

Produk Olahan. Agar lebih awet, produk hasil ternak, yakni daging bisa diolah menjadi abon. Untuk hasil terbaik, pilih daging yang tidak banyak mengandung lemak. Untuk mempertahankan mutunya, abon mesti disimpan dalam kantong plastik atau stoples yang tertutup rapat. Dengan begitu, abon bisa disimpan dalam suhu kamar selama beberapa bulan. Bagaimana cara membuatnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan yakni 1 kg daging sapi, 10 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 8 butir kemiri, 150 gram gula merah, 1 sdm garam (secukupnya), minyak goreng (secukupnya), 200 ml santan kental,700 ml air untuk merebus daging, dan lengkuas secukupnya yang dimemarkan.

Langkah selanjutnya adalah, langkah pertama daging sapi dipotong-potong kasar, rebus hingga empuk. Angkat, tiriskan, kemudian disuir-suir halus. Sementara itu, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, dan garam. Campurkan dengan santan kental dan daging. Masak sampai santan habis, lalu tiriskan. Berikutnya goreng daging hingga kering dan berwarna cokelat muda, lalu angkat dan tiriskan. Agar benar-benar kering, saat ditiriskan tekan abon tersebut hingga minyaknya keluar. Simpan abon dalam kantung plastik atau stoples yang tertutup rapat.

sumber: rol | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply