Cara Benar Menangani Susu Kental Manis

Livestockreview.com, Produk Olahan. Susu kental manis diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi (penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu, yang kemudian ditambahkan gula dan lemak nabati.

la dibandingkan dengan susu segar, susu kental manis lebih panjang masa pakainya karena ada tambahan gula di dalamnya –yang bisa menjadi bahan pengawet susu kental manis.

Kendati demikian, susu kental manis cenderung lebih mudah “rusak” dibandingkan susu bubuk. “Akan tetapi, kandungan gula yang tinggi dalam susu ini bisa menjadi pengawet alami, sehingga masa pakainya lebih panjang,” kata Senior Brand Manager Susu Kental Manis Frisian Flag Willi Ferdiansa.

Sebaiknya kaleng susu yang telah dibuka diletakkan di tempat yang kedap udara untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri. Selain itu, Sebaiknya jangan di simpan di freezer tetapi di kulkas karena bisa mengubah rasa dan aroma dari susu tersebut.

Untuk memastikan keamanan produk, sebaiknya pilih produk dengan kemasan sempurna, yakni kaleng tidak cacat, penyok, dan lain sebagainya. Bila kemasan sudah tampak menggembung, pertanda sudah tercemar mikroba. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan. ind

Spread the love

Leave a Reply