Bos Japfa terpilih sebagai CEO of The Year 2012

1
93

Livestockreview.com, Tokoh. Handojo Santosa, Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk terpilih menjadi CEO of The Year dalam Bisnis Indonesia Award yang mengangkat tema growing in uncertainties. Di bawah kepemimpinannya, emiten pakan ternak itu dinilai bisa tetap tumbuh dengan rata-rata kenaikan pendapatan sekitar 21% selama 5 tahun terakhir. Pria kelahiran 1964 di Surabaya itu memulai karirnya di Japfa pada 1986 sebagai manajer pada unit usaha minyak kelapa di Nilam Surabaya. Selanjutnya pada 1989 menempati posisi sebagai Wakil Direktur Utama, dan pada 1997 menjabat sebagai Direkur Utama. Handojo pun dikenal cukup berpengalaman dalam bidang pakan ternak, pembibitan, pengolahan, dan budidaya.

Pada 2011, Handojo diketahui sempat menduduki urutan ke-40 orang terkaya versi majalah Forbes dengan kekayaan tercatat sebanyak US$630 juta. Direktur Keuangan Japfa Comfeed Indonesia Ign. Herry Wibowo yang mewakili Handojo mengatakan kesuksesan tersebut tidak terlepas dari dukungan para stake holder perseroan.

“Japfa sebenarnya dirintis oleh Pak Teguh Santosa yang kemudian diteruskan oleh Pak Handojo. Pada 1998, kami sebenarnya mengalami tekanan yang cukup besar, tetapi Pak Handojo kembali membangun Japfa hingga lebih besar seperti sekarang. Hal ini tentu tidak bisa terlepas dari peran stake holder baik perbankan, peternak, pelanggan,” ujarnya, belum lama ini.

Herry mengatakan Handojo merupakan sosok yang rendah hati dan dapat merangkul seluruh rekan kerjanya dan mendorong menghasilkan kinerja yang baik.

“Pak Handojo itu begitu wise, orang yang selalu mau mendengarkan saran dari semua. Dia humble dan dapat merangkul semua orang, sehingga [bisnis ini] bisa berjalan lancar. Beliau selalu membawa perusahaan ini dengan satu moto, yakni kebersamaan,” ungkapnya.

 follow our twitter: @livestockreview

sumber:  bisnis | editor: soegiyono