Bau Mulut Lebih Harum dengan Yogurt

0
430

Livestockreview.com, Riset. Kini tak usah lagi menyimpan permen mint dan segala produk pengharum mulut yang lain. Seorang peneliti dari Jepang menyatakan bakteri yang berada dalam produk susu asam, yakni yogurt dapat menahan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Bagaimana penjelasannya?

Dalam 6 minggu, 24 sukarelawan mengkonsumsi 6 ons yogurt bebas gula yang mengandung 2 bakteri, yaitu streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus. Para ahli mikrobiologi dari Tsurumi University juga melakukan pemeriksaan bau mulut sukarelawan sebelum dan sesudahnya. Hasilnya, jumlah bakteri dan bau mulut mengalami penurunan hingga 50% pada mereka yang sudah dipastikan mengidap halitosis.

Mengkonsumsi yogurt akan membantu menurunkan jumlah bakteri yang dihasilkan oleh lidah kita, walaupun para peneliti belum begitu yakin bagiamana itu bisa terjadi, jelas Kenichi Hojo, ketua penelitian. Satu teori yang pasti : Ketika kerumunan bakteri sudah menempel di lidah, bakteri “baik” dalam yogurt datang dan membunuh bakteri penyebab bau yang ada di mulut dengan membuatnya merasa tidak nyaman berada di dalam mulut.

Pilihlah yogurt dengan bakteri aktif di dalamnya. Anda tidak suka yogurt plain? Yogurt dengan pemanis buatan juga memiliki khasiat yang sama.

follow our twitter: @livestockreview

sumber: tsurumi university | editor: sitoresmi fauzi

SHARE
Previous articleSapi Perah, Pabrik Alami yang Istimewa
Next articleMelirik Susu Kambing
Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.