Ayam Lokal, Media Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Livestockreview.com, Referensi. Upaya pengembangan ayam lokal Indonesia harus terus didorong. Alasan utamanya tentu karena ayam lokal merupakan sumberdaya genetik asli Indonesia dan mampu memenuhi kebutuhan protein hewani. Selain itu, pengembangan ayam lokal mampu menjadi media pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan.

Bibit ayam lokal yang bermutu baik merupakan salah satu permasalahan umum dari industri ayam lokal. Masalah ini  dapat diatasi dengan menjalin kerjasama antara institusi penelitian peternak dengan institusi perbibitan. Peningkatan produktivitas ayam lokal dapat dilakukan dengan perbaikan mutu genetik baik melalui seleksi dan perkawinan silang, perbaikan pakan, dan perbaikan manajemen.

Seleksi dan perkawinan silang dapat menghasilkan bibit yang lebih bagus untuk digunakan. Dalam hal perbaikan pakan, Haryono menunjuk upaya yang dapat dilakukan melalui penerapan teknologi formulasi pakan yang tepat, optimalisasi penggunaan pakan lokal, dan efisiensi aplikasi teknologi.

Perbaikan pakan merupakan hal yang sangat mearik untuk dilakukan penelitian sebab bahan pakan lokal sudah cukup banyak dimiliki, akan tetapi masih terkendala untuk mengembangkannya menjadi sebuah industri agribisnis. Perbaikan manajemen dapat dilakukan melalui intensifikasi sistem pemeliharaan dan dengan menerapkan sistem pengendalian penyakit. Selain itu, meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh unggas serta pemeliharaan secara efektif dapat meningkatkan produktivitas.

penulis rama | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply