Apa Sih, Bedanya Kambing dengan Domba?

0
270

Livestockreview.com, Referensi. Bagi masyarakat Jawa, kambing dan domba mempunyai julukan yang sama yaitu wedhus. Hal ini barangkali karena suara (embikan) kambing dan domba yang tidak jauh berbeda. Padahal, faktanya kedua bangsa ternak ruminansia ini memiliki banyak perbedaan yang sangat nyata.

Wedhus Jawa (kambing Jawa) atau yang disebut juga kambing kacang memiliki ciri berbulu klimis dengan warna beraneka ragam : ada putih, hitam, coklat atau kombinasinya. Adapun wedhus gibas (yang sebenarnya domba), memiliki bulu gembel, umumnya berwarna putih. Pakar peternakan dari Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang Dr. Djarot Harsojo menjelaskan, kambing dalam bahasa Inggrisnya disebut goat. Sedangkan domba atau gibas atau biri-biri, disebut sheep.

Kambing dan domba merupakan bangsa ternak yang berbeda. Berdasarkan sistem zoologisnya, kambing termasuk dalam induk jenis (genus) Capra, sedang domba termasuk dalam genus ovis. Harsojo menambahkan, ragam kedua bangsa ternak ini pun sangat berbeda. Bangsa kambing yang terdapat di Indonesia adalah kambing Kacang, Ettawa, Peranakan Ettawa, Marica dan kambing Gambrong. Sedang bangsa domba yaitu domba Ekor Pipih, Ekor Gemuk, Peranakan Ekor Gemuk, Priangan, Suffolk dan domba hasil persilangannya. follow our twitter: @livestockreview

penulis: inay4h (suara) | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview