Telah Digelar, Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Peternakan 2011 di UNDIP

 Livestockreview.com, Kampus. Pemerintah menargetkan swasembada daging sapi pada tahun 2014. Melalui sejumlah program, penyediaan daging sapi dari dalam negeri diproyeksikan meningkat dari 67 persen pada tahun 2010 menjadi 90 persen pada 2014. Program swasembada daging sapi ini telah ditargetkan sebelumnya, yaitu pada tahun 2005 dan 2010 kemudian direvisi menjadi tahun 2014.

Kegagalan pencapaian program swasembada daging sapi terjadi karena tingkat produksi dan produktivitas ternak yang belum sepenuhnya mampu memenuhi konsumsi dalam negeri.

Pilihan swasembada pangan hewani menjadi salah satu pilihan yang harus dijalankan. Swasembada adalah sikap untuk menumbuhkan kemandirian di bidang pangan hewani dalam mempertahankan keamanan pangan hewani, sehingga persediaan pangan hewani yang berbasiskan sumberdaya lokal merata dan terjangkau semua lapisan masyarakat, tetap menguntungkan peternak dan keseimbangan mutu gizi, teknologi pangan hewani, jaminan bebas dari pencemaran bahan-bahan berbahaya (Soedjana, 2007). Oleh karena itu, pencapaian swasembada daging sapi adalah sebuah upaya kolektif suatu bangsa demi mewujudkan ketahanan pangan hewani yang berkelanjutan.

Pencapaian swasembada daging 2014 sebagai upaya kolektif bangsa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran serta generasi muda. Selain mengupayakan peningkatan populasi dalam negeri, deversifikasi pangan dan pengenalan produk peternakan harus selalu digalakkan khususnya kepada generasi muda. Harapannya, upaya tersebut dapat memacu peningkatan konsumsi protein hewani yang akan berdampak baik pada peningkatan SDM sebuah bangsa.

Himpunan Mahasiswa S1 Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang, ingin memotivasi generasi muda untuk ikut berperan serta dalam pembangunan bidang peternakan, yang diwujudkan melalui lomba karya tulis ilmiah. Melalui lomba ini, diharapkan generasi muda Indonesia khususnya pelajar SMA mampu mengekspresikan gagasannya bagi pengembangan peternakan di Indonesia.

Bentuk kegiatan yang digekar HM S1 Peternakan UNDIP ini yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di bidang Peternakan dengan tema ” Peningkatan Produktivitas Ternak dan Pemanfaatan Produk Peternakan dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional”

 Tujuan LKTI Peternakan UNDIP 2011

Tujuan kegiatan ini yakni menumbuhkan minat siswa SMA atau yang sederajat di bidang peternakan, dan sebagai sarana kreativitas siswa SMA atau yang sederajat untuk menuangkan ide dan gagasan, terutama dalam bidang peternakan.

 Waktu dan Pelaksanaan Final LKTI UNDIP 2011

Waktu : Kamis, 10 November 2011

Tempat : Gedung F lantai 2 Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang

 Info lebih lengkap tentang acara ini dapat langsung berkomunikasi ke:

PANITIA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL BIDANG PETERNAKAN

HIMPUNAN MAHASISWA S1 PETERNAKAN, FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kampus Drh. R. Soejono Koesoemowardojo – Tembalang Semarang Kode Pos 50275

Telp. (024) 7474750, Fax. (024) 7474750

Email : lkti_fpundip@yahoo.com

CP : Shokhirul Imam (085727429646), Dyah Retno D. (081325714788), Ikhwal H. Pembayun (024 70193403)

Spread the love

Leave a Reply